Jumat, 17 Mei 2013

Dari Yang Baik Dan Yang Lebih Baik

EMPAT PERKARA YANG BAIK DAN ADA YANG LEBIH BAIK DARI YANG EMPAT ITU 

 

Ustadz A. Hambali


السَّلاَ مُ عَلَيْكُمْ

اَ ْلحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ يُحِبُّ مِنْ عِبَادِهِ الْمُتَضِعِيْنَ وَيَكْرَهُ مِنْ خَلْقِهِ الْمُتَكَبِّرِيْنَ وَالصَّلاَ ةُ وَالسَّلاَمُ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَي اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعُهُ إِلَي يَوْمِ الدِّيْنِ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَنَبِيَّ بَعْدَهُ.أمَّا
.فَقَالَ اللَّهُ تَعَالَي فِي الْقُرْأَنِ الْعَظِيْمِ. أَعُوْذُ بِا للَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحّمَنِ الرَّحِيْمِ : يَاَيُهَا الّذِيْنَ ءاَمَنُوْا لاَ تَدْخُلُوْا بُيُوْتَ النَّبِيِّ إِلاَّ أَنْ يُؤْذَنَ لَكُمْ إِلَي طَعَامٍ غَيْرِ نَاظِرِيْنَ إِنَهُ وَلَكْنْ إِذَا دُعِيْتُمْ فَادْخُلُوْا فَإِذَا طَعِمْتُمْ فَانْتَشِرُوْا وَلاَ مُسْتَنِسِيْنَ لِحَدِيْثٍ إِنَّ ذَالِكُمْ كَانَ يُؤْذِي النَّبِيِّ فَيَسْتَحْيِ مِنْكُمْ وَاللَّهُ لاَيَسْتَحْيِ مِنَ الْحَقِّ وَإِذَا سَأَلْتُمُوْ هُنَّ مَتَعًا فَسْئَلُوْهُنَّ مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ ذَالِكُمْ أَطْهَرُ لِقُلُوْبِكُمْ وَقُلُوْبِهِنَّ وَمَا كَانَ لَكُمْ أَنْ تُؤْذَوْا رَسُوْلَ اللَّهِ وَلاَ أَنْ تَنْكِحُوْا أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ أَبَدًا إِنَّ ذَالِكُمْ كَانَ عِنْدَ اللَّهِ عَظِيْمًا


Pertama-tama dan yang lebih utama marilah kita sama-sama panjatkan puji beserta syukur ke hadirat Allah SWT, yang maha ghofur, berkat hidayat, taufik dan inayahnylah kita bias bertemu, bertatap muka dalam makom yang insyaallah allah mulyakan sehingga alhamdulillah kita bias melaksankan sebagian kewajiban kita yakni shalat jum'at.
Shalawat dan salam semoga selamanya terlimpah curahkan kepada baginda kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kepada kita kepada jalan yang lurys, dari kekupura menuju kepada keimana dari kesalahan menuju kepada kebenar
Dan tidak lupa kepada keluarganya, sahabatnya dan semua umatnya yang mengikuti ajarannya, termasuk kita sampai hari kiamat. Amin yaallah yarobal a'lamin.

Para hadirin rohimakumullah
Alhamdulullah wasyukrilah berkat nikmatnya kita semua bisa berkumpul, bertatap muka untuk mencari ilmu mudah-mudahan dengan berkumpulnya ditempat ini kita diridoi dan diampuni segala dosa kita. Amiin.
Insyallah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan keterangan yang di sampaikan oleh sebagian Ahli Hikmah beliau mengatakan :

أَرْبَعَةٌ حَسَنَةٍ وَلَكِن أَرْبَعَةٌ مِنْهَا أَحْسَنُ: الْحَيَاءُ مِنَ الرِّجَالِ حَسَنٌ وَلَكِنْهُ مِنَ المَرأَةِ اَحْسَنُ.
Artinya :”Bahwa ada 4 perkara nilainya baik, tetapi ada lagi 4 perkra yang nialinya lebih baik :

1. adanya sifat Haya (malu) pada kaum laki-laki adalah baik, tapi sifat haya pada permpuan labih baik.
Karena kalau orang yang malu berarti dia masih punya iman dan tidak cepat untuk melaksanakan perbuatan maksiat. Nabi bersabda :

اَلْحَيَاءُ مِنَ اْلاِيْمَانِ
Arinya:”Sesungguhnya malu itu sebagian dari iman”.
(HR. Bukhari Muslim)
Agama Islam adalah agama yang mengatur seluruh sistem kehidupan, baik iu berkaitan dengan keyakinan, penyembahan, ibadah ritual, adab, serta akhlak kemanusiahaan. Malahan inti daripada keimanan dan sikap keagamaan. Firman Allah SWT dalam surah Al-Ahzab ayat 53 :

يَاَيُهَا الّذِيْنَ ءاَمَنُوْا لاَ تَدْخُلُوْا بُيُوْتَ النَّبِيِّ إِلاَّ أَنْ يُؤْذَنَ لَكُمْ إِلَي طَعَامٍ غَيْرِ نَاظِرِيْنَ إِنَهُ وَلَكْنْ إِذَا دُعِيْتُمْ فَادْخُلُوْا فَإِذَا طَعِمْتُمْ فَانْتَشِرُوْا وَلاَ مُسْتَنِسِيْنَ لِحَدِيْثٍ إِنَّ ذَالِكُمْ كَانَ يُؤْذِي النَّبِيِّ فَيَسْتَحْيِ مِنْكُمْ وَاللَّهُ لاَيَسْتَحْيِ مِنَ الْحَقِّ وَإِذَا سَأَلْتُمُوْ هُنَّ مَتَعًا فَسْئَلُوْهُنَّ مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ ذَالِكُمْ أَطْهَرُ لِقُلُوْبِكُمْ وَقُلُوْبِهِنَّ وَمَا كَانَ لَكُمْ أَنْ تُؤْذَوْا رَسُوْلَ اللَّهِ وَلاَ أَنْ تَنْكِحُوْا أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ أَبَدًا إِنَّ ذَالِكُمْ كَانَ عِنْدَ اللَّهِ عَظِيْمًا
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumahNabi kecuali bila kamu diizinkan untuk makan dengan tidak menunggu-nunggu waktu masak (makanannya), tetapi jika kamu di undang maka masuklah dan bila kamu selesai makan, keluarlah kamu tanpa asyik memperpanjang percakapan. Sesungguhnya yang demikian itu akan mengganggu Nabi lalu Nabi malu kepadamu (untuk menyuruh kamu keluar), dan Allah tidak malu (menerangkan) yang benar. Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir, cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. Dan tidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasulullah dan tidak pula mengawini istri-istrinya selama-lamanya sesudah ia wafat. Sesungguhnya perbuatan itu adalah amat besar (dosanya) di sisi Allah.“

Dalam ayat ini iman dihubungkan dengan adab memasuki rumah dengan meminta izin, dan juga menjaga perasaan Rasulullah. Rasulullah sebagai manusia sempurna memiliki perasaan malu yang sangat besar, sehingga beliau tidakdapat menegur tamu yang terus mengobrol, sehingga ALLAH memberikan teguran dengan turunnya ayat di atas.
Rasulullah sangat mementingkan agar umatnya memiliki rasa malu dalam kehidupan, Rasulullah SAW bersabda yang diriwayatkan Ibnu Umar r.a. “Sesungguhnya malu itu sebagian dari iman.” (hadist ini juga diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah).
Sikap malu kepada sesuatu yang tidak baik itu merupakan kunci kebaikan dalam masyarakat, sehingga menurut hadist dari Umar ibn Husain r.a. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda; “Malu itu akan mendatangkan kebaikan.” (HR Bukhari dan Muslim), dan daalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim disebutkan bahwa “malu itu adalah kebaikan seluruhnya.“
Dari Qurah bin Ilyas r.s. berkata bahwa kami bersama Nabi, ada yang mengingatkan tentang malu, mereka berkata: Ya Rasulullah malu itu bagian dari agama, maka Rasulullah SAW bersabda; “Bahkan malu itu adalah agama seluruhnya“, kemudian Rasulullah SAW melanjutkan “Sesungguhnya malu, wara’, sedikit berbicara, adalah bagian dari iman dan itu semua akan menambahkan kehidupan akhirat dan mengurangkan kehidupan dunia dan yang ditambahkan kepada akhirat itu lebih banyak dari pada yang dikurangkan di dunia. Dan pelit, lemah, dan kasar bagian dari sifat munafik dan itu menambah dunia dan mangurangkan akhirat dan apa yang dikurangkan di dunia lebih daripada apa apa yang ditambahnkan di akhirat.”(HR: Thabrani).
Sikap malu dari perbuatan buruk dan keji juga merupakan inti dari ajaran agama Islam, dan akhlak utama dalam Islam adalah malu, sebagai mana dinyatakan oleh hadist dari Zaid bin Talhah bin Rukanah; Rasulullah bersabda; “Sesungguhnya setiap agama aitu mempunyai akhlak, dan akhlak Islam adalah MALU” (HR: Malik dan Ibnu Majah).

Hadirin Rohimakumullah
Oleh sebab itu jika rasa malu sudah tidak dimiliki oleh seorang muslim. berarti ALLAH telah mencabut keimanan dalam hatinya, sabda Rasulullah SAW; “Sesungguhnya Allah Ta’ala apabila hendak menghancurkan seorang hamba maka Dia mencabut rasa malu, dan apa bila rasa malu telah dicabut, maka dia akan dibenci orang, dan apa bila dia dibenci maka akan dicabit darinya sifat amanah, dan apa bila amanah telah dicabut, maka engkau akan berkhianat, dan dicabut darinya rasa kasih sayang, dan apabila kasih sayang telah dicabut, maka engkau akan melihatnya menjadi orang yang terkutuk, dan apa bila engkau melihatnya terkutuk, maka lepaslah tali Islam dari pegangannya.“(HR: Ibnu Majah).
Semoga kita dapat melihat sejauh mana rasa malu masih ada dalam diri kita, dan dalam masyarakat kita. Karena selama ini, banyak pemimpin yang tidak malu membohongi rakyatnya, banyak yang tidak malu bermaksiat, banyak yang tidak malu jika auratnya terlihat oleh orang yang bukan muhrimnya, banyak pegawai yang tidak malu berbuat korupsi, dan lain sebagainya. Sehingga, dapat dikatakan bahwa, karena degradasi malu itulah penyebab segala krisis yang terjadi selama ini.
Dan rasa malu yang dimili oleh seorang perempuan lebih baik ketimbang laki-laki mengapa karena perempuan itu harus terjaga dari perbuatan yang membuat menjatuhkan.

Hadirinrohimakumullah

وَالْعَدْلُ مِنْ كُلِّ اَحَدٍ حَسَنٌ وَلَكِنَّهُ مِنَ الآُمَرَاءِ اَحسَنُ

2. Adil pada setiap orang adalah baik, tapi adil pada pemerintah itu lebih baik.
Karen pmerintah kalau tidak adil maka akan hancur kepmerinthannya.

وَالتَّوبَةُ مِنَ الشَّيْخِ حَسَنَةٌ وَلَكِنَّهَا مِنَ الشَبَابِ اَحْسَنُ

3. Tobatnya sikakek-kakek baik, tapi tobatnya anak muda lebih baik.
Maksud kalau seandainya anak muda bertaub dengan taubatan nasuha(sebenarnya) itu baik sekali karen anak muda itu masih serba panas dan masih dedikasinta tinggi maka untuk berbuat tobat itu merupk hal yang berat sekali, tapi untuk kakek –kaket itu hal yang wajar dan seharnya kerena dia sudah mengalai masa muda yang panjang dan dia tinggal bertaubat, kalau seandainya dia tia tidak mau bertaubat alangkah ruginya karena dia sebentar lagi akan masuk liang lahat.

وَالجُوْدُ مِنَ اغْنِيَاءِ حَسَنٌ وَلَكِنَّهُ مِنَ الفُقَرَاءِ احْسَنُ

4. Bermurah hati pada diri kaum kaya adalah baik, tapi bermurah hati bagi Kaum kaya adalah baik, tapi bermurah hati bagi kaum fakir lebih baik.
Maksudnya kalu ada orang kaya menginfakan hartanya bagi orang miskin atau membantu orang lain itu pantas kerena dia punya harta tpi kalau orang fakir mengnfakan harta kepada simiskin dan menolengnya itu merupakanberbuatan yang lebih baik karena ya. Namanya juga orang fakir dia punya hartanya sedikit lalu menginfakannya itu memerlukan perjuangang
Oleh karena itu, jika seseorang memiliki kelebihan harta maka hendaklah mengambil sikap pertengahan : di antara irrof dan bakhil

Hadirin Yang berbahagia
Kesimpulannya bahwa kita harus benar-benar melakukan amal kebaikan jangan ditunda-tunda walaupun tadi telah dijelaskan waktu melakukan amal yang paling baik, namun biasakanlah dari sekarng agar kita terbiasa.
Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan dan jelaskan. Semoga banyak manfaatnya dan mohon atas segala kekurangannya.



وَالسَّلاَ مُ عَلَيْكُمْ
…………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Edy_Hari_Yanto's  album on Photobucket
TPQ NURUDDIN NEWS : Terima kasih kepada donatur yang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk pembangunan TPQ Nuruddin| TKQ-TPQ "NURUDDIN" MENERIMA SANTRI DAN SANTRIWATI BARU | INFORMASI PENDAFTARAN DI KANTOR TPQ "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN-WONOAYU