Jumat, 17 Mei 2013

Berdirinya TPQ Nurudin

 KEGIATAN TPQ NURUDDIN


1). Sejarah di dirikannya TKQ/TPQ " NURUDDIN"

 TPQ "Nuruddin" didirikan oleh Ustadz A. Hambali pada tahun 2000. TPQ "Nuruddin" ini mengikuti metodologi pembelajaran QIRO'ATI, yaitu metode cara cepat dan praktis belajar membaca Al-qur'an dengan benar tentunya.
Sebelum berdirinya TPQ "Nuruddin" ini, banyak tempat2 belajar membaca Al-qur'an dirumah- rumah yang pada waktu itu masih mengikuti metode Iqro' yang notabene isi/kandungan materi menjiplak metode Qiro'ati.
Karena itulah dengan keinginan yang kuat untuk meluruskan kebenaran, Ustadz A. Hambali mendirikan TPQ "Nuruddin" dengan menggunakan metode Qiro'ati. Dengan di bantu saudara-saudaranya beliau merintis dan mulai mengajarkan metode Qiro'ati ini kepada beberapa santri dan santriwati yang belum seberapa keberadaannya waktu itu.
Seiring berjalannya waktu dn perkembangan TPQ yang didirikannya serta ketekunan beliau mengajarkan metode ini, pada tahun 2004 Beliau berhasil mengikut sertakan santri dan santriwatinya Ujian Tingkat Dasar Qiro'ati di Cabang Qiro'ati Sidoarjo. Dan hasilnya sangat memuaskan untuk tahap awal, dari 17 santri yang kirim untuk mengikuti ujian, hanya 1 (satu)
yang tidak lulus ujian,sedangkan ke 16 santri/santriwati yang lulus semuanya nilainya diatas rata-rata.
Dari awal berdirinya TPQ "Nuruddin hingga sekarang sudah lebih dari seratus santri/santriwati yang sudah lulus tingkat dasar metode Qiro'ati. Dan sebagai sosialisasi kepada masyarakat khususnya Wali santri bahwasannya mereka2 ini sudah layak menyandang predikat LULUS  dan layak untuk menerima IJAZAH , maka TPQ/Lembaga bekerjasama dengan Wali santri menyelenggarakan acara untuk menguji kelayakansantr/santriwati yang telah lulus di tingkat Cabang Sidoarjo oleh masyarakat sekitar,sebelum benar2 mereka menerima ijazah. Acara tersebut bertajuk "KHATAMAN DAN IMTIHAN SANTRI".
Dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2013 ini TPQ "Nuruddin sudah bisa menyelenggarakan acara Khataman dan Imtihan Santri sebanyak 10x, ini adalah prestasi yang luar biasa dibandingkan dengan Tpq-tpq lain yang ada di Wilayah Kec, Wonoayu.

  •  Khataman dan Imtihan Santri ke-I diadakan pada tahun 2004.
  •  Khataman dan Imtihan Santri ke-II diselenggarakan pada tahun 2005.
  •  Khataman dan Imtihan Santri ke-III pada tahun 2006.
  •  Khataman dan Imtihan Santri ke-IV pada tahun 2007.
  •  Khataman dan Imtihan Santri ke-V diadakan pada tahun 2008.
  •  Khataman dan Imtihan Santri ke-VI pada tahun 2009.
  •  Khataman dan Imtihan Santri ke-VII tahun 2010.
  •  Khataman dan Imtihan Santri ke-VIII pada tahun 2011.
  •  Khataman dan Imtihan Santri ke-IX diadakan pada tahun 2012, dan 
  • Khataman dan Imtihan Santri ke-X pada tahun 2013.
Semua kegiatan tersebut diselenggarakan pada bulan Robbiul Awal. Dan perlu diketahui oleh seluruh Wali santri Khotimin dan Khotimat bahwa setelah lulus dari tingkat dasar metode Qiro'ati ini Lembaga ( TPQ "Nuruddin" ) membuka/memberi kesempatan kepada mereka yang telah lulus untuk lebih mendalami ilmu agama dan baca Al-qur'an dengan mengikuti Program Pasca Qiroati yaitu masuk di kelas Madrasah Dinniyah (MADIN).

2). Kegiatan - kegiatan TKQ-TPQ-MADIN "NURUDDIN"

Sebagai pelengkap dan penunjang program-program Lembaga, maka lembaga mengadakan kegiatan yang didalamnya melibatkan Wali santri, dan ini mendapat respon yang positif dari Wali santri..
Salah satu kegiatan itu adalah Istigosah yang diselenggarakan setiap satu bulan sekali diawal bulan.Dalam kegiatan ini dimaksudkan untuk menyambung tali silaturrohmi antara Lembaga dan Wali santri juga antara wali santri yang lainnya.
Dalam perkembangannya dan semakin banyaknya santri serta semakain padatnya program serta kegiatan Lembaga, maka lembaga memandang sangat perlunya dukungan dari para wali santri dalam setiap penyelenggaraan kegiatan tersebut, maka pada tahun 2007 berdasar dari hasil musyawarah bersama antara Lembaga dengan Wali santri dibentuklah suatu forum, dimana forum ini bertugas sebagai penghubung antara Lembaga dan Wali santri. Yang kemudian forum ini diberi nama FKW (Forum Komunikasi Wali Santri).

3). Biografi Sang Pendiri TKQ-TPQ-MADIN "NURUDDIN" Ustadz A. Hambali   

 1. Tempat Lahir
      Beliau terlahir disebuah dusun kecil yang damai 41 tahun yang lalu dari pasanagan sederhana
      Bpk. Kasnam (alm) dengan Ibu Kasminah, tempat itu adalah dusun Kemalangan desa Plaosan,
      Kec. Wonoayu Kab. Sidoarjo.   
      Beliau adalah putra ke-6 dari 7 bersaudara.
  2. Latar Belakang Pendidikan. 
    ~ SD Negeri Plaosan I ( lulus tahun 1984 ).
    ~ SMP Negeri I Krian ( lulus tahun 1987 ).
    ~ Namun setelah lulus dari SMP 1987, Beliau memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di sebuah Pondok Pesantren di kawasan Kota Jombang, tepatnya di Pondok Pesantren Tambak Beras kurang lebih 3 tahun, karena harus menyelesaikan studynya di Madrasah Aliyah disana. Memang sempat berpindah-pindah. Setelah dari Tambak Beras 3 tahun, beliau pindah di daerah Tanggulangin yaitu di desa Putat, tidak lama di Putat Beliau dipanggil untuk pulang karena ayahandanya sakit.Setelah pulang itu oleh orang tuanya disarankan untuk tetap tinggal. Namun karena keinginannya untuk mendalami ilmu agama sangat besar Beliau tetap berkeinginan untuk terus melanjutkan menimba ilmu di Putat dengan alasan dekat dari rumah. Untuk membiayai semua itu Beliau menyambi bekerja. Dan sangat kebetulan ada salah satu pengajar di Ponpes Putat tersebut menawari Beliau menjadi muadzin di salah satu masjid di kawasan Sekardangan Sidoarjo. 2 tahun Beliau menjadi muadzin, sampai akhirnya Beliau memutuskan untuk pindah ke salah satu Ponpes di Kudus Jawa Tengah. 7 tahun di Kudus. Dan sebelum beliau pulang serta mengabdikan dirinya untuk masyarakatdan mengamalkan ilmunya yang diperoleh semasa di Pesantren,Beliau sudah menyelesaikan studinya di sebuah PONPES di Kudus Jawa Tengah. Dan Beliau juga sudah hafal Al-qur'an. Sekarang juga sering dipanggil untuk mengisi pengajian-pengajian baik umum atau rutinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Edy_Hari_Yanto's  album on Photobucket
TPQ NURUDDIN NEWS : Terima kasih kepada donatur yang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk pembangunan TPQ Nuruddin| TKQ-TPQ "NURUDDIN" MENERIMA SANTRI DAN SANTRIWATI BARU | INFORMASI PENDAFTARAN DI KANTOR TPQ "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN-WONOAYU