Sabtu, 20 Juli 2013

MUTIARA RAMADHAN : Puasa Tidak Sekadar Ritual


Puasa Tidak Sekadar Ritual

 

Serangkaian ibadah selama bulan suci Ramadan bukanlah sekadar ritual. Namun, berpuasa adalah upaya manusia mencapai ketakwaan kepada sang Khalik.

 

Hakikat puasa ini disampaikan Ustaz Ahmad Hambali Pimpinan TPQ Nuruddin, saat mengisi acara rutin di bulan Ramadhan selesai sholat Subuh di Masjid Bahrutthoah.
Dalam Tausyiahnya, Ustadz Hambali mengatakan jika berpuasa hanya ritual tahunan maka akan sia-sialah ibadah yang menjalankannya.Karena itu, pria kelahiran Madura ini mengingatkan hendaknya umat Muslim menyadari kalau berpuasa itu adalah upaya syukur yang diejawantahkan dalam bentuk ibadah yang ikhlas demi menuju akhlak yang mulia.
Diingatkannya betapa Allah SWT menjaga makhlukNYA lebih dari sang makhluk ciptaannya ini mengurus dirinya sendiri. Bahkan, harta manusia dalam jumlah sebesar-besarnya pun tak akan mampu membayar nikmat dan kasih sayang dari Allah.
Bagaikan ponsel, seharusnya sebagai makhluknya rasa syukur itu diartikan dalam bentuk koneksi, senantiasa mengingat kepada sang Pencipta. "Ibarat paket hp, ada paket tahunan ya Ramadan ini yang membuat manusia terkoneksi dengan Allah SWT.
Karena itulah perlu target saat kita menjalankan puasa. "Jadi berpuasa itu tak sekadar ritual. Intinya  membangun akhlak mulia karena jika hanya menjalankan tanpa target berarti ibadahnya gagal," tegasnya lagi.
Ada tiga target pokok yang harus dicapai saat Ramadan. Apa saja targetnya?
Pertama menjaga hawa nafsu. Hawa nafsu selalu mengajak kepada keburukan. Dengan berpuasa diharapkan bisa mencapai target ini.

Kemudian memburu pahala yang besar jadi target kedua yang harus dicapai saat ramadan.
Tanpa kita sadari kelalaian beribadah selama setahun diberikan kesempatan dibayar saat bulan ramadan ini dengan menambah pahala berlipat ganda.

Target yang ketiga yaitu untuk Istiqomah. Menuju jalan lurus sehingga ketakwaan bisa tercapai.

             *******

 

_____________________________

 

MUTIARA RAMADHAN : MENGGAPAI PUASA YANG UTAMA


Menggapai Puasa yang Utama

 

IMAM Abu Hamid al-Ghazali (wafat 505 Hijriah/1111 Masehi) dalam karya monomentalnya, kitab Ihya 'Ulumudin, mengemukakan derajat orang yang melaksanakan ibadah puasa. Menurutnya, ada tiga tingkatan orang berpuasa, yaitu puasa al-'umum (standar), puasa al-khusus (istimewa), dan puasa khusus al-khusus (sangat istimewa).
Puasa al-umum adalah puasa yang dilakukan sesuai dengan syarat dan rukun puasa saja, yaitu mencegah diri dari makan, minum, dan seks sejak terbit fajar (Subuh) sampai terbenam matahari (Magrib). Pelaksanaan ibadah puasa al-'umum tidak lebih dari sekadar puasa secara fisik dan hanya memenuhi ketentuan fikih, tanpa ada kebaikan lain yang menjadi penyempurna puasa.
Puasa al-khusus adalah puasa al-umum yang dilengkapi dengan puasa pancaindra dan anggota tubuh lainnya dari perbuatan mungkar. Ada lima hal yang harus dilakukan agar seseorang menggapai puasa al-khusus.
Pertama, puasa penglihatan, yaitu memelihara pandangan dari sesuatu yang diharamkan dan menyebabkan lalai untuk berzikir kepada Allah swt. Kedua, puasa ucapan, yaitu memelihara lisan dari berkata bohong, gosip, dan mengadu domba serta tidak henti-hentinya zikir kepada Allah swt dan senantiasa membaca Alquran Alkarim.
Ketiga, puasa pendengaran. Sesuatu yang haram diucapkan pasti haram untuk didengarkan. Tidak boleh seseorang berdiam diri terhadap kebohongan, fitnah dan adu domba yang didengar dari orang lain. Allah swt berfirman: 

سَمَّاعُونَ لِلْكَذِبِ أَكَّالُونَ لِلسُّحْتِ فَإِنْ جَاءُوكَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ أَوْ أَعْرِضْ عَنْهُمْ وَإِنْ تُعْرِضْ عَنْهُمْ فَلَنْ يَضُرُّوكَ شَيْئًا وَإِنْ حَكَمْتَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِالْقِسْطِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ
Sammaa'uuna lilkadzibi akkaaluuna li-ssuhti fa-in jaa-uuka faahkum bainahum au a'ridh 'anhum wa-in tu'ridh 'anhum falan yadhurruuka syai-an wa-in hakamta faahkum bainahum bil qisthi innallaha yuhibbul muqsithiin(a)

"Mereka itu adalah orang-orang yang suka mendengar berita bohong, banyak memakan yang haram. Jika mereka (orang Yahudi) datang kepadamu, (untuk meminta keputusan), maka putuskanlah (perkara itu) di antara mereka, atau berpalinglah dari mereka, jika kamu berpaling dari mereka, maka mereka tidak akan memberi Mudharat kepadamu sedikitpun. Dan jika kamu memutuskan perkara mereka, maka putuskanlah (perkara itu) di antara mereka dengan adil, sesungguhnya, Allah menyukai orang-orang yang adil." – (QS.5:42)

Keempat, memelihara semua organ tubuh dari perkara haram. Barang haram sekecil apa pun akan berdampak negatif, sedangkan makanan halal akan berdampak negatif jika terlalu banyak dikonsumsi.
Sungguh ironi jika seseorang berpuasa meninggalkan konsumsi barang halal di siang hari sementara berbukanya dengan barang haram. Puasa seperti tersebut bagaikan orang yang membangun gedung, tapi merobohkan istananya. Rasulullah saw bersabda: "Banyak orang berpuasa tetapi tidak mendapat apa pun dari puasanya kecuali ia merasakan lapar dan haus." (HR Muslim)


Kelima, terlalu banyak makan saat berbuka sehingga perutnya penuh kekenyangan dan sesak. Tidak ada sesuatu yang sangat dibenci oleh Allah melebihi orang yang sangat penuh isi perutnya dengan makanan. Sungguh ironi, jika seseorang berpuasa di siang hari dengan mengosongkan perut guna melemahkan nafsu jahat yang ada pada manusia, tetapi saat berbuka ia makan secara berlebihan bahkan sampai terasa sesak kekenyangan.
Orang seperti ini tidak ada bedanya antara puasa dan tidak berpuasa karena hanya menunda waktu makan dari siang hari menjadi malam hari. Ironi, fenomena orang yang melakukan ibadah puasa Ramadan lalu menyediakan menu makanan yang tidak lumrah macam dan banyaknya dibanding sebelas bulan lainnya.

Di Indonesia setiap menjelang bulan Ramadan kebutuhan bahan pokok selalu meningkat sehingga menyebabkan harga-harga naik. Seyogianya, hadirnya bulan Ramadan yang mewajibkan umat muslim berpuasa sebulan lamanya dapat mengurangi kebutuhan konsumsi yang secara otomatis akan menurunkan harga karena suplai yang lebih dan permintaan berkurang. Namun yang terjadi malah sebaliknya. Hal ini menunjukkan nilai-nilai spiritual puasa belum inheren dan menginternal dalam kesejatian umat muslim yang melakukan ibadah puasa.
Puasa khusus al-khusus adalah selain melakukan puasa umum dan khusus juga memelihara pikirannya dari hal negatif dan menjaga hatinya dari kepentingan duniawi demi selalu ingat dan mendekatkan diri kepada Allah swt. Derajat puasa khusus al-khusus telah menempatkan puasa tidak sekadar mengikuti ketentuan fikih, tetapi telah menyertakan ihsan dalam segala tindakannya, yaitu selalu melihat Allah swt dalam segala geraknya atau merasa kehadiran-Nya dalam segala tindakannya.
Uraian tentang tingkatan puasa yang dipaparkan Imam Al-Ghazali tersebut dapat dijadikan barometer umat muslim dalam menggapai puasa yang utama. Puasa yang utama tidak sekadar menempatkan Allah swt, sebagai Zat Yang Mahakuasa dan Perkasa tetapi juga menempatkan Allah swt sebagai Zat Yang Maha Pengasih dan Maha Melihat. (*)


___________________________________


MUTIARA RAMADHAN : KONSEP BERKAH


Konsep Berkah

RAMADAN adalah bulan yang penuh berkah karena setiap kebaikan dilipatgandakan minimal sepuluh kali lipat.
Dalam khutbahnya pada akhir bulan Syakban, Rasulullah Muhammad SAW menyampaikan, "Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang di dalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan." (HR Bukhari-Muslim)
Umur umat Nabi Muhammad SAW jauh lebih pendek dibanding umur umat para nabi terdahulu. Umur umat terdahulu ratusan tahun, sedangkan umur Nabi Muhammad hanya antara 60 sampai tujuh puluh tahun. Rasulullah bersabda, "Umur umatku antara 60 hingga 70 tahun. Sedikit dari mereka yang melebihi itu." (HR At-Tirmidzi)

Menurut data lembaga kesehatan dunia (WHO), angka harapan hidup penduduk Indonesia tahun 2010 pada usia di atas 60 tahun mencapai 20,7 juta orang. Maka, menurut hadis dan data tersebut, amal ibadah dan kebaikan umat muslim tidak cukup untuk membebaskan dari api neraka menuju surga. Jika menggunakan hitungan deret ukur, tidak mungkin umat Muhammad lebih baik dari umat para nabi terdahulu karena umurnya yang jauh lebih pendek. Hanya konsep barakah yang menggandakan kebaikan berlipat-lipat sehingga umat Muhammad bisa terbebas dari api neraka.

Allah SWT telah membuat konsep tentang melipatgandakan kebaikan bagi umat Muhammad saw. Contoh, pahala satu salat di Masjidil Haram dilipatgandakan 100 ribu kali lipat daripada salat di tempat lainnya. Pahala salat berjemaah keutamaannya 27 kali lipat dibanding salat sendiri. Berarti salat maktubah sekali sama dengan salat lima hari sendirian.

Ibadah yang diterima pada malam Lailatulkadar lebih baik daripada seribu bulan. Artinya, ibadah pada malam Lailatulkadar  yang diterima lebih baik daripada 83 tahun, bahkan mungkin lebih baik dari seratus juta tahun. Sebab, ungkapan lebih baik dari seribu bulan tidak ada batas sampai berapa bulan. Mungkin saja ungkapan seribu bulan untuk menunjukkan jumlah yang besar yang tidak terbatas. Hanya karena lipat ganda pahala yang membuat umat Nabi Muhammad saw adalah umat yang terbaik (khairu ummah).
Selain pahala yang berlipat, pada bulan Ramadan dosa-dosa diampuni bagi orang yang menjalankan puasa dengan baik. Rasulullah Muhammad saw menjelaskan: "Barangsiapa melaksanakan puasa pada bulan Ramadân karena iman dan ingin mendapatkan pahala, maka diampuni semua dosanya yang telah lewat." (HR An-Nasa'i)

Ampunan dalam filosofi Islam bermakna penghapusan dosa dan siksa dari Allah SWT. Sedangkan minta ampun (istigfar) adalah permohonan ampunan atas kesalahan dan terus berusaha untuk menaati perintah Tuhan dan tidak melanggarnya. Dalam Islam, makna istigfar tidak terletak pada pengucapannya, tapi pada seberapa dalam seseorang yang beristigfar memaknai dan menghayati apa yang ia ucapkan. Dalam konteks yang lebih jauh lagi, agar ia terus mengingat Tuhan di saat ia tergoda untuk melakukan perbuatan dosa, dan apabila telah melakukan dosa, maka istigfar adalah titik baginya untuk bertekad tidak mengulangi perbuatannya.

Saat seseorang melakukan ibadah puasa dengan ilmu, pada hakikatnya ia telah menunjukkan ketundukan dan patuh kepada Allah swt sehingga rela meninggalkan yang halal demi meraih rida Allah swt. Pada saat bulan Ramadan semua kebaikan terhampar luas untuk diamalkan, baik ibadah mahdah maupun ibadah sosial, sehingga kebaikan-kebaikan yang diamalkan dapat menghapus keburukan yang diperbuat sebelumnya. 
Allah swt telah menjelaskan bahwa kebaikan dapat menghapus dosa :


وَأَقِمِ الصَّلاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ذَلِكَ ذِكْرَى لِلذَّاكِرِينَ
Wa-aqimish-shalaata tharafayinnahaari wazulafan minallaili innal hasanaati yudzhibnassai-yi-aati dzalika dzikra li-dzdzaakiriin(a)

 "Dan dirikanlah shalat itu, pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan dari malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu, menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat." (QS Hud: 114).

Tidak terbayangkan bagaimana keadaan bumi ini, seandainya Allah swt membalas setiap dosa yang diperbuat oleh manusia saat ini dengan hukuman secara langsung dari-Nya. Sebagaimana Allah telah menenggelamkan kaum Nabi Nuh AS. Demikian pula Allah telah mengirimkan angin kepada kaum 'Aad, sebagaimana pula Allah mengirimkan bebatuan kepada kaum Nabi Luth AS.

Sungguh, betapa besar kasih sayang Allah SWTkepada umat Nabi Muhammad saw. Bulan Ramadan yang penuh berkah dan ampunan telah mengantar umat muslim menjadi hamba Allah yang terbaik dan terbebas dari api neraka. (*)

Semoga bermanfaat dan dapat menjadikan ilmu yang bermanfaat........Amin

_____________________________________

 

 

MUTIARA RAMADHAN : TAK ADA YANG INSTAN


Tak Ada yang Instan

DI zaman modern ini, banyak keluarga yang sulit melakukan pendidikan langsung kepada anak-anaknya. Ada berbagai sebab, seperti kesibukan kerja untuk memenuhi kebutuhan hidup, mengejar karir, atau mencapai kesenangan hidup.Akibatnya, pendidikan anak banyak diserahkan pada orang lain, seperti pembantu atau sekolah. Padahal, kewajiban mengasuh dan mendidik anak dalam keluarga telah ditegaskan Allah SWT,

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ
Yaa ai-yuhaal-ladziina aamanuu quu anfusakum wa-ahliikum naaran waquuduhaannaasu wal hijaaratu 'alaihaa malaa-ikatun ghilaazhun syidaadun laa ya'shuunallaha maa amarahum wayaf'aluuna maa yu'maruun(a)

 "Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka, yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka, dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." – (QS. Al-Tahrim: 6)


Ayat di atas dapat dimaknai, mendidik anak itu hukumnya wajib. Bagi yang melaksanakannya akan mendapatkan balasan pahala atau surga. Sebaliknya, bagi yang tidak melaksanakan akan mendapat siksa.
Menurut Jamal Abdurrahman, pendidikan berarti surga, menyepelekannya berarti neraka. Rasulullah SAW tegas menjelaskan, "Suami bertanggungjawab memelihara keluarganya dan ia akan dimintai pertanggungjawaban mengenai hal itu. Istri bertanggungjawab dalam rumah suaminya dan akan dimintai pertanggungjawaban mengenai hal itu." (HR Bukhari dan Muslim dari Ibn Umar).
Ramadan adalah momentum tepat, sarana memaksimalkan pendidikan dalam keluarga dan membangun komunikasi intensif antara anggota keluarga. Saat Ramadan, anggota keluarga bisa lebih banyak waktu berinteraksi langsung dan dapat membangun komunikasi. Minimalnya, dapat terjalin saat buka puasa dan sahur bersama secara rutin.  

Pendidikan keluarga saat berpuasa dapat diberikan dengan keteladanan dan kebersamaan. Melatih anak-anak dengan berpuasa disertai penjelasan tentang mengapa manusia perlu berpuasa dan bagaimana tata cara puasa yang utama, sehingga dapat tertanam keimanan dan pengetahuan tentang puasa kepada seluruh anggota keluarga.
Juga dapat diberikan contoh ketaatan dalam beragama sambil membangun komunikasi terbuka. Aktivitas ini dapat diterjemahkan dalam bentuk kegiatan Salat Subuh dan Maghrib berjamaah seluruh anggota keluarga. Komunikasi dengan lingkungan sekitar dapat dilakukan dalam bentuk Salat Tarawih dan sewaktu-waktu mengadakan buka bersama dengan kerabat dan teman.
Selanjutnya, perlu ada jadwal rutin dan target membaca (tadarrus) Alquran selama Ramadan. Bahkan perlu disediakan waktu khusus bersama anak-anak membaca ayat-ayat suci Alquran diikuti penjelasan maknanya. Cara ini dalam rangka membentuk karakter anak yang cinta Alquran dan memahami Alquran untuk dipedomani dalam hidupnya.
Akhlakul karimah dapat ditanamkan melalui pembiasaan anak dalam mengikuti perintah puasa. Filosofi puasa harus ditanamkan kepada anak. Di antaranya, kedisiplinan, kesetiakawanan sosial, dan menghargai proses.
Kedisiplinan dapat dihayati dalam jadwal puasa setiap tahun dan saat memulai berpuasa, yaitu sejak terbit fajar tak boleh kurang dan lebih sedikitpun serta mengakhiri puasa setelah terbenam matahari atau masuk waktu Maghrib.
Ini menunjukkan bahwa kehidupan harus dilalui dengan disiplin dan konsisten (istiqamah). Kedisiplinan ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti disiplin bekerja, mematuhi undang-undang, dan memenuhi tanggungjawab.
Rasa lapar dan haus karena berpuasa dapat mendidik dan mengasah keluarga, khususnya anak-anak agar turut merasakan nasib orang yang keadaan ekonominya berkurang. Ini dapat menumbuhkan rasa setiakawan, sayang dan peka terhadap penderitaan orang lain.
Selain itu, penanaman kepedulian sosial kepada anak-anak untuk membangun solidaritas sosial dalam berbangsa dan bernegara. Keagamaan yang ditanamkan kepada keluarga menjadi paralel dengan semangat gotong royong.
Tentang hal itu semua, Allah SWT menjelaskan bahwa orang yang tak punya rasa empati dan peduli kepada anak yatim dan orang miskin adalah pendusta agama. 

أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ
Ara-aital-ladzii yukadz-dzibu biddiin(i)

فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ
Fadzalikal-ladzii yadu'uul yatiim(a)

وَلا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِينِ
Walaa yahudh-dhu 'ala tha'aamil miskiin(i)


 "Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama.Itulah orang yang menghardik anak yatim,
dan tidak menganjurkan, memberi makan orang miskin." –(QS. Al-Ma'uun: 1-3).


Proses waktu sebulan lamanya dalam menjalankan ibadah puasa dan dilakukan setiap tahun secara rutin selama Ramadan dapat memberi makna bahwa hidup membutuhkan perjuangan dan proses waktu.

Menjalani proses ini dapat ditanamkan kepada generasi dalam keluarga bahwa untuk mencapai keberhasilan hidup, baik di dunia maupun akhirat, harus melewati perjuangan dan dedikasi tinggi. Tak ada keberhasilan secara instan, karena sesuatu yang instan mudah lenyap dan biasanya menghalalkan segala cara.
Ramadan menjadi sarana mendidik anak dalam keluarga yang efektif guna menanamkan keimanan, keislaman dan ihsan. Sayyidina Ali ra mengingatkan, "Ajarilah anak-anakmu dan keluargamu perilaku yang baik dan didiklah dengan budipekerti." (*)



___________________________________

 

MUTIARA RAMADHAN : PUASA DAN MANAJEMEN SYAHWAT

Puasa dan Manajemen Syahwat

 

BAGI pemuda yang ingin menikah tapi tak punya dukungan ekonomi dan mentalitas yang cukup, Rasulullah SAW menganjurkan berpuasa. Tujuannya agar dia tidak terperosok ke jurang kemaksiatan.
"Siapapun yang belum mampu menikah, hendaklah berpuasa. Karena puasa adalah penjaga baginya," sabda Rasulullah SAW sebagaimana diriwayatkan Bukhari dan Muslim.

Hadis ini menunjukkan bahwa ada kaitan erat antara puasa dengan pengaturan syahwat. Tahukah Anda, apa itu syahwat? Imam al-Ghazali mendefinisikannya dengan istilah, nuzu' an nafs ila ma turiduh, yaitu kecenderungan jiwa terhadap apa yang dikehendakinya.
Keinginan manusia untuk melakukan dan mendapatkan segala hal yang ia sukai dan selalu ingin menambah lagi dan lagi, itulah syahwat.

Aneka syahwat ini dijelaskan Allah SWT dalam surat Ali Imran Ayat 14  :

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالأنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ
Zui-yina li-nnaasi hubbusy-syahawaati minannisaa-i wal baniina wal qanaathiiril muqantharati minadz-dzahabi wal fidh-dhati wal khailil musau-wamati wal an'aami wal hartsi dzalika mataa'ul hayaatiddunyaa wallahu 'indahu husnul maaab(i)

 "Dijadikan indah pada (pandangan) manusia, kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas dan perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik (surga)."

Ayat di atas menyiratkan, syahwat sebagai potensi keinginan manusia. Allah menegaskan, pada dasarnya manusia memiliki kecenderungan kesenangan kepada wanita atau lawan jenis (seksual), anak-anak (kebanggaan), harta kekayaan (kebanggaan, kesombongan dan kemanfaatan), kendaraan yang bagus (kebanggaan, kenyamanan dan kemanfaatan), binatang ternak (kesenangan dan kemanfaatan), dan sawah ladang (kesenangan, kemanfaatan).

Dengan demikian, kecenderungan manusia pada kesenangan seksual, harta benda dan kenyamanan adalah perkara alamiah alias manusiawi. Dalam diri manusia, syahwat ini berperan penting, karena ia menjadi penggerak tingkah laku.
Kalau lapar dan dahaga datang, ia akan mengarahkan manusia untuk mencari makanan dan minuman. Apabila melihat perempuan seksi, yang dominan adalah syahwat seksual. Maka, dorongan keinginannya selalu mengarah kepada hal-hal yang dapat memberikan kepuasan seksual.
Jadi, kecenderungan syahwat itu tergantung apa yang sedang dominan dalam dirinya. Syahwat seksual, syahwat politik, syahwat pemilikan, syahwat kenyamanan, syahwat harga diri, syahwat kelezatan dan lainnya. Ibarat anak kecil, ia bebas dan tak terkendali jika selalu dimanjakan dan dituruti.
Supaya terkendali dan tumbuh menjadi pribadi yang baik, anak harus dididik dengan ilmu pengetahuan. Begitu pula syahwat, dorongan keinginan yang beraneka ragam itu akan mengarah pada hal-hal posistif, jika kita mampu mengendalikannya.
Lalu, bagaimana cara mengendalikan syahwat? Pada titik inilah, puasa berperan besar dalam mendidik syahwat liar itu. Nah, Bulan Ramadan adalah kesempatan emas bagi kita untuk menjalani training manajemen syahwat secara langsung melalui puasa Ramadan selama satu bulan.
Materi penting dalam training manajemen syahwat selama berpuasa di Bulan Suci Ramadan adalah latihan mengendalikan syahwat yang halal. Syahwat jenis ini perlu ditundukkan, karena untuk mempermudah seseorang dalam mengendalikan syahwat haram.
Jika tidak terbiasa mengendalikan syahwat halal, akan sulit bahkan mustahil baginya mengendalikan syahwat haram. Mengapa? Karena, syahwat yang haram pasti terasa lebih nikmat, lebih mudah, lebih banyak dan lebih kuat dorongan melakukannya.
Contoh, menerima honor atau gaji itu jelas halal. Tapi, syahwat manusia selalu mendorong mendapatkan gaji yang lebih dan lebih besar lagi. Jika dituruti tentu tak ada kata puas, sebesar apapun gajinya selalu ingin lebih.
Manusia bisa mengendalikan atau tidak? Jika tidak, syahwat yang haram (perilaku korupsi) sudah mengincar. Apabila ada kesempatan, pasti dia tak segan melakukan korupsi untuk memuaskan syahwat mendapatkan gaji lebih.
Jadi, training manajemen syahwat di Bulan Ramadan ini fokus pada tiga induk syahwat halal yang sudah built in dalam diri manusia. Antara lain, syahwat makan, syahwat minum, dan syahwat kemaluan (seks). Jika ketiga hal ini dilanggar, training langsung dinyatakan gagal, alias batal puasanya.
Apabila seorang tak mampu dan tak terbiasa mengendalikan ketiga syahwat dalam kondisi halal, ia dengan mudah terjerumus ke dalam syahwat haram. Korupsi misalnya, jelas bukan dilakukan orang miskin yang sekadar butuh makan dan minum. Tapi, dilakukan orang-orang yang bergaji besar.
Perselingkuhan, juga bukan dilakukan pria dan wanita lajang, tapi mereka yang sudah punya pasangan halal. Mereka tak puas pasangannya dan apa yang dimilikinya.

Walhasil, syahwat makan, minum dan seks itu harus dapat dikendalikan dengan baik dalam situasi dan kondisi halal. Kalau tidak, ketiga syahwat tersebut mendorong seseorang mendapatkannya dengan segala cara tanpa mengenal halal dan haram.
Mari kita manfaatkan puasa Ramadan sebagai training manajemen syahwat dengan baik. (*)


_______________________________________________

MUTIARA RAMADHAN : PARADOKS PUASA

Paradoks Puasa


PUASA seyogyanya membangun keintiman seorang makhluk dengan Sang Khaliq, mencapai ketaqwaan, memompa produktifitas, menyehatkan, mensejahterakan, dan membangun solidaritas. Sebab saat ibadah puasa, seseorang berinteraksi secara langsung, jujur dan spesial dengan Allah SWT, sehingga mendapat ridhanya.
     Saat berpuasa seseorang mengurangi jadwal dan jumlah  konsumsi, sehingga lebih sehat. Perut lebih stabil, banyak waktu berkarya dan dapat merasakan betapa penderitaan menahan lapar dan haus, sehingga terketuk hatinya untuk berbagi sebagai rasa solidaritas kemanusiaan.
     Nyatanya fenomena puasa sering berlawanan dan paradoks antara nilai dan realitanya. Acapkali orang berpuasa hanya rutinitas keagamaan tahunan, tidak makan, tidak minum dan tidak bersetubuh di siang hari.Tapi perilakunya tidak ada perubahan, pikiran dan hatinya tidak dibersihkan dari rasa hasud, sehingga puasa tidak memberi efek perubahan dalam hidupnya.
Saat Ramadhan seyogyanya bahan pokok lebih murah dan lebih banyak persediaan, karena puasa mengurangi kebutuhan konsumsi. Nyatanya harga bahan pokok dan kebutuhan lain beranjak naik. Ini menunjukkan permintaan bahan pokok meningkat, sehingga menimbulkan kenaikan harga. Artinya pelaksanaan puasa tidak membuat pengurangan konsumsi, tapi malah meningkat.
     Puasa sering menjadi alasan untuk tidak melakukan banyak aktivitas, seperti jam kantor dikurangi dua jam, sudah begitu masih banyak pegawai datang terlambat karena alasan puasa, sehingga banyak pekerjaan tertunda bahkan terbengkalai. Padahal, sebenarnya saat orang berpuasa lebih banyak waktu, karena saat berpuasa telah menghilangkan jadwal makan pagi dan siang. Bahkan mau cepat-cepat pulang ke rumahpun masih menunggu maghrib untuk makan malam.
     Puasa menambah produktivitas, tapi kenapa sering menjadi alasan menghentikan banyak aktivitas karena alasan PUASA..??? Padahal saat berpuasa seseorang menstabilkan konsumsi, memperbanyak gerak dengan banyak beribadah sehingga tubuh dan rohani dibersihkan. Akan tetapi acapkali orang yang berbuka malah balas dendam dengan mengkonsumsi makanan beraneka ragam dan berlebihan. Saat puasa tak ubahnya hanya mengubah jadwal makan di siang hari, tidak berkurang sedikitpun bahkan bertambah.
     Puasa seyogyanya menyehatkan karena ada proses pencernaan yang membersihkan dan menghancurkan racun-racun dalam tubuh. Tapi nyatanya acapkali terjadi yang sebaliknya, saat berpuasa tubuhnya lemas dan banyak tidur. Rosululloh SAW bersabda : "Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Alloh SWT dan sholat, serta janganlah kalian langsung tidur selesai makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras." (HR. Abu Nu'aim).
Puasa seyogyanya dapat membangkitkan rsa solidaritas. Sebab saat berpuasa dapat merasakan pedihnya menahan lapar dan haus yang diderita oleh orang tidak mampu. Nyatanya acapkali orang yang berpuasa berlebihan mengkonsumsi saat berbuka dan saat sahur, bahkan banyak makan basi dan terbuang.
     Ibadah puasa seyogyanya makin hari semakin meningkat hingga di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar. Nyatanya acapkali saat Ramadhan hanya semangat di awal dan makin hari makin menyusut semangatnya. Bahkan saat 10 hari terakhir Ramadhan lebih sibuk berburu diskon dan belanja di pasar untuk keperluan lebaran.
"Pada sepuluh terakhir Ramadhan Rosululloh SAW  lebih giat beribadah melebihi hari-hari selainnya." (HR. Muslim).
     Tuntutan puasa acapkali tak sesuai pelaksanaannya, sehingga nilai puasa tak terinternalisasi dalam kehidupan. Maka puasa tak memberi efek dalam mengubah karakter dan pencapaian kesejatian diri manusia. Lebaran yang seyogyanya menjadi simbol kemenangan melawan hawa nafsu, nyatanya hanya simbolis belaka. Sebab yang berubah dan baru hanya baju atau pakaian. Puasa hanya menahan lapar dan haus, tak menuntun perubahan dan menggapai fitrah.
     Puasa seharusnya dilakun seluruh organ tubuh, pikiran dan hatinya menyatu dengan Sang Pencipta. Jabir bin Abdillah ra berkata : "Jika kamu berpuasa hendanya berpuasa pula pendengaranmu, penglihatanmu dan lisanmu dari nista dan dosa-dosa. Tinggalkan menyakiti tetangga, dan hendaknya kamu senantiasa bersikap tenang pada hari kamu berpuasa. Jangan pula kamu jadikan hari berbukamu sama dengan hari kamu berpuasa."
  
Demikian sekilas mutiara ramadhan kali ini semoga bermanfaat dan Allah selalu menjadikan kita orang yang selalu dalam lindungannya... Amin Yaa Rabbal Alamin...


____________________________________


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Edy_Hari_Yanto's  album on Photobucket
TPQ NURUDDIN NEWS : Terima kasih kepada donatur yang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk pembangunan TPQ Nuruddin| TKQ-TPQ "NURUDDIN" MENERIMA SANTRI DAN SANTRIWATI BARU | INFORMASI PENDAFTARAN DI KANTOR TPQ "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN-WONOAYU