Sabtu, 20 Juli 2013

MUTIARA RAMADHAN : Puasa Tidak Sekadar Ritual


Puasa Tidak Sekadar Ritual

 

Serangkaian ibadah selama bulan suci Ramadan bukanlah sekadar ritual. Namun, berpuasa adalah upaya manusia mencapai ketakwaan kepada sang Khalik.

 

Hakikat puasa ini disampaikan Ustaz Ahmad Hambali Pimpinan TPQ Nuruddin, saat mengisi acara rutin di bulan Ramadhan selesai sholat Subuh di Masjid Bahrutthoah.
Dalam Tausyiahnya, Ustadz Hambali mengatakan jika berpuasa hanya ritual tahunan maka akan sia-sialah ibadah yang menjalankannya.Karena itu, pria kelahiran Madura ini mengingatkan hendaknya umat Muslim menyadari kalau berpuasa itu adalah upaya syukur yang diejawantahkan dalam bentuk ibadah yang ikhlas demi menuju akhlak yang mulia.
Diingatkannya betapa Allah SWT menjaga makhlukNYA lebih dari sang makhluk ciptaannya ini mengurus dirinya sendiri. Bahkan, harta manusia dalam jumlah sebesar-besarnya pun tak akan mampu membayar nikmat dan kasih sayang dari Allah.
Bagaikan ponsel, seharusnya sebagai makhluknya rasa syukur itu diartikan dalam bentuk koneksi, senantiasa mengingat kepada sang Pencipta. "Ibarat paket hp, ada paket tahunan ya Ramadan ini yang membuat manusia terkoneksi dengan Allah SWT.
Karena itulah perlu target saat kita menjalankan puasa. "Jadi berpuasa itu tak sekadar ritual. Intinya  membangun akhlak mulia karena jika hanya menjalankan tanpa target berarti ibadahnya gagal," tegasnya lagi.
Ada tiga target pokok yang harus dicapai saat Ramadan. Apa saja targetnya?
Pertama menjaga hawa nafsu. Hawa nafsu selalu mengajak kepada keburukan. Dengan berpuasa diharapkan bisa mencapai target ini.

Kemudian memburu pahala yang besar jadi target kedua yang harus dicapai saat ramadan.
Tanpa kita sadari kelalaian beribadah selama setahun diberikan kesempatan dibayar saat bulan ramadan ini dengan menambah pahala berlipat ganda.

Target yang ketiga yaitu untuk Istiqomah. Menuju jalan lurus sehingga ketakwaan bisa tercapai.

             *******

 

_____________________________

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Edy_Hari_Yanto's  album on Photobucket
TPQ NURUDDIN NEWS : Terima kasih kepada donatur yang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk pembangunan TPQ Nuruddin| TKQ-TPQ "NURUDDIN" MENERIMA SANTRI DAN SANTRIWATI BARU | INFORMASI PENDAFTARAN DI KANTOR TPQ "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN-WONOAYU