| 
 | 
| 
| surah / surat : An-Nisaa Ayat : 81 |  |  | 
| 
| وَيَقُولُونَ |  | dan mereka mengatakan |  
| بَرَزُوا۟ |  | mereka telah pergi |  
| بَيَّتَ |  | mengambil keputusan di malam hari |  
| يُبَيِّتُونَ |  | mereka putuskan |  
| فَأَعْرِضْ |  | maka berpalinglah |  
| وَتَوَكَّلْ |  | dan bertawakkallah |  | 
| 
  | 
| wayaquuluuna thaa'atun fa-idzaa barazuu min 'indika bayyata thaa-ifatun minhum ghayra alladzii taquulu waallaahu yaktubu maa yubayyituuna fa-a'ridh 'anhum watawakkal 'alaa allaahi wakafaa biallaahi wakiilaan | 
| 81. Dan mereka (orang-orang munafik) mengatakan : "(Kewajiban kami  hanyalah) ta'at". Tetapi apabila mereka telah pergi dari sisimu,  sebahagian dari mereka mengatur siasat di malam hari (mengambil  keputusan) lain dari yang telah mereka katakan tadi. Allah menulis  siasat yang mereka atur di malam hari itu, maka berpalinglah kamu dari  mereka dan tawakallah kepada Allah. Cukuplah Allah menjadi Pelindung. | 
| 
 | 
| 
 | 
| 
| surah / surat : An-Nisaa Ayat : 82 |  |  | 
| 
| أَفَلَا |  | maka apakah tidak |  
| يَتَدَبَّرُونَ |  | mereka memperhatikan |  
| لَوَجَدُوا۟ |  | tentu mereka mendapati |  | 
| 
  | 
| afalaa yatadabbaruuna alqur-aana walaw kaana min 'indi ghayri allaahi lawajaduu fiihi ikhtilaafan katsiiraan | 
| 82. Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Qur'an ? Kalau kiranya  Al-Qur'an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat  pertentangan yang banyak di dalamnya. | 
| 
 | 
| 
 | 
| 
| surah / surat : An-Nisaa Ayat : 83 |  |  | 
| 
| جَآءَهُمْ |  | datang kepada mereka |  
| أَذَاعُوا۟ |  | mereka menyiarkan |  
| رَدُّوهُ |  | mereka mengembalikan/menyerahkannya |  
| مِنْهُمْ |  | dari/diantara mereka |  
| لَعَلِمَهُ |  | tentu akan mengetahuinya |  
| ٱلَّذِينَ |  | orang-orang yang |  
| يَسْتَنۢبِطُونَهُۥ |  | (mereka) menyelidikinya |  
| مِنْهُمْ |  | dari/diantara mereka |  
| وَلَوْلَا |  | dan kalau tidak |  
| وَرَحْمَتُهُۥ |  | dan rahmatNya |  
| لَٱتَّبَعْتُمُ |  | tentu kamu mengikuti |  | 
| 
  | 
| wa-idzaa jaa-ahum amrun mina al-amni awi alkhawfi adzaa'uu bihi walaw radduuhu ilaa alrrasuuli wa-ilaa ulii al-amri minhum la'alimahu alladziina yastanbithuunahu minhum walawlaa fadhlu allaahi 'alaykum warahmatuhu laittaba'tumu alsysyaythaana illaa qaliilaan | 
| 83. Dan apabila datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan  ataupun ketakutan, mereka lalu menyiarkannya. Dan kalau mereka  menyerahkannya kepada Rasul dan Ulil Amri [322] di antara mereka,  tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya (akan dapat)  mengetahuinya dari mereka (Rasul dan Ulil Amri) [323]. Kalau tidaklah  karena karunia dan rahmat Allah kepada kamu, tentulah kamu mengikut  syaitan, kecuali sebahagian kecil saja (di antaramu). 
 [322] Ialah : tokoh-tokoh sahabat dan para cendekiawan di antara mereka.  [323] Menurut mufassirin yang lain maksudnya ialah : kalau suatu berita  tentang keamanan dan ketakutan itu disampaikan kepada Rasul dan Ulil  Amri, tentulah Rasul dan Ulil Amri yang ahli dapat menetapkan kesimpulan  (istimbat) dari berita itu.
 | 
|  | 
| 
SEBAB TURUNNYA AYAT:  Muslim meriwayatkan dari Umar bin Khattab, katanya, "Tatkala Nabi saw.  mengucilkan para istrinya, aku masuk ke dalam mesjid, tiba-tiba kulihat  orang-orang (para sahabat) melempar-lempar batu kerikil ke tanah seraya  mengatakan Rasulullah telah menalak istri-istrinya, lalu aku berdiri  tegak di pintu mesjid dan kuserukan dengan sekuat suaraku bahwa Nabi  tidak menalak istri-istrinya, kemudian turunlah ayat ini, 'Dan jika  datang kepada mereka suatu berita tentang keamanan dan ketakutan, mereka  lalu menyiarkannya. Padahal seandainya mereka menyerahkannya kepada  Rasul dan ulil amri di antara mereka tentulah orang-orang yang ingin  menyelidiki duduk perkaranya akan dapat mengetahuinya dari mereka.'  (Q.S. An-Nisa 83). Maka saya termasuk di antara orang-orang yang  menyelidiki duduk perkaranya itu." | 
| 
 | 
| 
 | 
| 
| surah / surat : An-Nisaa Ayat : 84 |  |  | 
| 
| فَقَٰتِلْ |  | maka berperanglah |  
| وَحَرِّضِ |  | dan kobarkanlah semangat |  
| ٱلْمُؤْمِنِينَ |  | orang-orang mukmin |  
| ٱلَّذِينَ |  | orang-orang yang |  | 
| 
  | 
| faqaatil fii sabiili allaahi laa tukallafu illaa nafsaka waharridhi almu/miniina 'asaa allaahu an yakuffa ba/sa alladziina kafaruu waallaahu asyaddu ba/san wa-asyaddu tankiilaan | 
| 84. Maka berperanglah kamu pada jalan Allah, tidaklah kamu dibebani  melainkan dengan kewajiban kamu sendiri [324]. Kobarkanlah semangat para  mu'min (untuk berperang). Mudah-mudahan Allah menolak serangan  orang-orang yang kafir itu. Allah amat besar kekuatan dan amat keras  siksaan(Nya). 
 [324] Perintah berperang itu harus dilakukan oleh Nabi Muhammad s.a.w  karena yang dibebani adalah diri beliau sendiri. Ayat ini berhubungan  dengan keengganan sebagian besar orang Madinah untuk ikut berperang  bersama Nabi ke Badar Shughra. Maka turunlah ayat ini yang memerintahkan  supaya Nabi Muhammad SAW pergi berperang walaupun sendirian saja.
 | 
| 
 | 
| 
 | 
| 
| surah / surat : An-Nisaa Ayat : 85 |  |  | 
| 
| يَشْفَعْ |  | memberi syafa'at/pertolongan |  
| شَفَٰعَةً |  | syafa'at/pertolongan |  
| يَشْفَعْ |  | memberi syafa'at/pertolongan |  
| شَفَٰعَةً |  | syafa'at/pertolongan |  | 
| 
  | 
| man yasyfa' syafaa'atan hasanatan yakun lahu nashiibun minhaa waman yasyfa' syafaa'atan sayyi-atan yakun lahu kiflun minhaa wakaana allaahu 'alaa kulli syay-in muqiitaan | 
| 85. Barangsiapa yang memberikan syafa'at yang baik [325], niscaya ia  akan memperoleh bahagian (pahala) dari padanya. Dan barangsiapa memberi  syafa'at yang buruk [326], niscaya ia akan memikul bahagian (dosa) dari  padanya. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. 
 [325] Syafa'at yang baik ialah : setiap sya'faat yang ditujukan untuk  melindungi hak seorang muslim atau menghindarkannya dari sesuatu  kemudharatan. [326] Syafa'at yang buruk ialah kebalikan syafa'at yang  baik.
 | 
| 
 | 
| 
 | 
| 
| surah / surat : An-Nisaa Ayat : 86 |  |  | 
| 
| بِتَحِيَّةٍ |  | dengan penghormatan |  
| فَحَيُّوا۟ |  | maka hormatilah |  
| بِأَحْسَنَ |  | dengan yang lebih baik |  | 
| 
  | 
| wa-idzaa huyyiitum bitahiyyatin fahayyuu bi-ahsana minhaa aw rudduuhaa inna allaaha kaana 'alaa kulli syay-in hasiibaan | 
| 86. Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka  balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau  balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa) [327]. Sesungguhnya Allah  memperhitungankan segala sesuatu. 
 [327] Penghormatan dalam Islam ialah : dengan mengucapkan "Assalamu'alaikum".
 | 
| 
 | 
| 
 | 
| 
| surah / surat : An-Nisaa Ayat : 87 |  |  | 
| 
| لَيَجْمَعَنَّكُمْ |  | sungguh Dia akan mengumpulkan kamu |  | 
| 
  | 
| allaahu laa ilaaha illaa huwa layajma'annakum ilaa yawmi alqiyaamati laa rayba fiihi waman ashdaqu mina allaahi hadiitsaan | 
| 87. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia.  Sesungguhnya Dia akan mengumpulkan kamu di hari kiamat, yang tidak ada  keraguan terjadinya. Dan siapakah orang yang lebih benar perkataan(nya)  dari pada Allah ? | 
| 
 | 
| 
 | 
| 
| surah / surat : An-Nisaa Ayat : 88 |  |  | 
| 
| ٱلْمُنَٰفِقِينَ |  | orang-orang munafik |  
| أَرْكَسَهُم |  | menjerumuskan mereka |  
| كَسَبُوٓا۟ |  | mereka usahakan |  
| أَتُرِيدُونَ |  | apakah kamu bermaksud |  
| تَهْدُوا۟ |  | kamu memberi petunjuk |  | 
| 
  | 
| famaa lakum fii almunaafiqiina fi-atayni waallaahu arkasahum bimaa kasabuu aturiiduuna an tahduu man adhalla allaahu waman yudhlili allaahu falan tajida lahu sabiilaan | 
| 88. Maka mengapa kamu (terpecah) menjadi dua golongan [328] dalam  (menghadapi) orang-orang munafik, padahal Allah telah membalikkan mereka  kepada kekafiran, disebabkan usaha mereka sendiri ? Apakah kamu  bermaksud memberi petunjuk kepada orang-orang yang telah disesatkan  Allah [329] ? Barangsiapa yang disesatkan Allah, sekali-kali kamu tidak  mendapatkan jalan (untuk memberi petunjuk) kepadanya. 
 [328] Maksudnya : golongan orang-orang mu'min yang membela orang-orang  munafik dan golongan orang-orang mu'min yang memusuhi mereka. [329]  Pengertian disesatkan Allah lihat not. 34.
 | 
|  | 
| 
SEBAB TURUNNYA AYAT:  Bukhari dan Muslim dan lain-lain meriwayatkan dari Zaid bin Tsabit  bahwa Rasulullah saw. berangkat menuju Uhud. Sebagian di antara  orang-orang yang turut bersamanya tadi kembali pulang. Maka para sahabat  Nabi saw. terbagi atas dua golongan dalam menghadapi orang-orang yang  kembali atau kaum munafik ini. Sebagian mengatakan, "Kita bunuh mereka  itu," sedang sebagian lagi mengatakan, "Tidak." Karena itu Allah  menurunkan, "Maka kenapa kamu menjadi dua golongan dalam menghadapi  orang-orang munafik?" (Q.S. An-Nisa 88). Said bin Manshur dan Ibnu Abu  Hatim mengetengahkan dari Said bin Mu'adz, katanya, "Rasulullah saw.  berpidato di hadapan manusia, sabdanya, 'Siapa yang bersedia membantuku  menghadapi orang-orang yang menyakitiku dan yang mengumpulkan di  rumahnya orang-orang yang menyakitiku?' Maka kata Saad bin Mu'adz, 'Jika  dia dari warga Aus kami bunuh dia, dan jika dia dari warga Khazraj,  Anda dapat mengeluarkan perintah kepada kami dan kami akan menaatinya.'  Mendengar itu maka Saad bin Ubadah berdiri lalu katanya, 'Betapa Anda  akan menaati perintah Nabi saw. hai Ibnu Mu'adz, padahal Anda telah  mengetahui bahwa orang yang dimaksud bukanlah dari warga Anda!' Lalu  berdiri pula Usaid bin Hudhair, katanya, 'Hai Ibnu Ubadah, kamu ini  seorang munafik dan mengasihi orang-orang munafik.' Ketika itu tampil  pula Muhammad bin Maslamah, kataya. 'Diamlah tuan-tuan, hai manusia!  Bukankah di kalangan kita ini ada Rasulullah dan beliau berhak  memerintah kita hingga perintahnya itu harus dilaksanakan?' Karena itu  Allah pun menurunkan, 'Maka kenapa kamu menjadi dua golongan dalam  menghadapi orang-orang munafik...' sampai akhir ayat." (Q.S. An-Nisa 88)  Ahmad mengetengahkan dari Abdurrahman bin Auf bahwa suatu kaum dari  bangsa Arab datang menemui Rasulullah saw. di Madinah. Mereka pun masuk  Islam, lalu ditimpa oleh wabah kota Madinah dan penyakit demamnya hingga  mereka berbalik surut dan keluar meninggalkan kota Madinah. Sebagian  sahabat menemui mereka, lalu menanyai mereka, "Kenapa kamu kembali?"  Jawab mereka, "Kami ditimpa oleh wabah Madinah." Kata mereka pula,  "Tidakkah Rasulullah itu dapat menjadi contoh yang baik bagi kamu?" Kata  sebagian sahabat lagi, "Mereka ini rupanya orang-orang munafik!" Kata  lainnya, "Tidak, mereka bukan orang-orang munafik." Maka Allah pun  menurunkan, "Maka kenapa kamu menjadi dua golongan dalam menghadapi  orang-orang munafik...sampai akhir ayat." (Q.S. An-Nisa 88) Dalam  isnadnya terdapat pemalsuan dan bagian yang terputus. | 
| 
 | 
| 
 | 
| 
| surah / surat : An-Nisaa Ayat : 89 |  |  | 
| 
| تَكْفُرُونَ |  | kamu menjadi kafir |  
| فَتَكُونُونَ |  | maka kamu adalah/menjadi |  
| تَتَّخِذُوا۟ |  | kamu mengambil menjadikan |  
| مِنْهُمْ |  | dari/di antara mereka |  
| يُهَاجِرُوا۟ |  | mereka berhijrah |  
| تَوَلَّوْا۟ |  | mereka berpaling |  
| فَخُذُوهُمْ |  | maka ambillah/tawanlah mereka |  
| وَٱقْتُلُوهُمْ |  | dan bunuhlah mereka |  
| وَجَدتُّمُوهُمْ |  | kamu menemui mereka |  
| تَتَّخِذُوا۟ |  | kamu ambil/jadikan |  
| وَلِيًّا |  | pemimpin/pelindung |  
| نَصِيرًا |  | menjadi penolong |  | 
| 
  | 
| wadduu law takfuruuna kamaa kafaruu fatakuunuuna sawaa-an falaa tattakhidzuu minhum awliyaa-a hattaa yuhaajiruu fii sabiili allaahi fa-in tawallaw fakhudzuuhum wauqtuluuhum haytsu wajadtumuuhum walaa tattakhidzuu minhum waliyyan walaa nashiiraan | 
| 89. Mereka ingin supaya kamu menjadi kafir sebagaimana mereka telah  menjadi kafir, lalu kamu menjadi sama (dengan mereka). Maka janganlah  kamu jadikan di antara mereka penolong-penolong(mu), hingga mereka  berhijrah pada jalan Allah. Maka jika mereka berpaling [330], tawan dan  bunuhlah mereka di mana saja kamu menemuinya, dan janganlah kamu ambil  seorangpun di antara mereka menjadi pelindung, dan jangan (pula) menjadi  penolong, 
 [330] Diriwayatkan bahwa beberapa orang Arab datang kepada Rasulullah  SAW di Madinah. Lalu mereka masuk Islam, kemudian mereka ditimpa "demam  Madinah", karena itu mereka kembali kafir lalu mereka keluar dari  Madinah. Kemudian mereka berjumpa dengan sahabat Nabi, lalu sahabat  menanyakan sebab-sebab mereka meninggalkan Madinah. Mereka menerangkan  bahwa mereka ditimpa "demam Madinah". Sahabat-sahabat berkata : "Mengapa  kamu tidak mengambil teladan yang baik dari Rasulullah ?"  Sahabat-sahabat terbagi kepada dua golongan dalam hal ini. Yang  sebahagian berpendapat bahwa mereka telah menjadi munafik, sedang yang  sebahagian lagi berpendapat bahwa mereka masih Islam. Lalu turunlah ayat  ini yang mencela kaum Muslimin karena menjadi dua golongan itu, dan  memerintahkan supaya orang-orang Arab itu ditawan dan dibunuh, jika  mereka tidak berhijrah ke Madinah, karena mereka disamakan dengan kaum  musyrikin yang lain.
 | 
| 
 | 
| 
 | 
| 
| surah / surat : An-Nisaa Ayat : 90 |  |  | 
| 
| ٱلَّذِينَ |  | orang-orang yang |  
| يَصِلُونَ |  | (mereka) mengadakan hubungan |  
| وَبَيْنَهُم |  | dan antara mereka |  
| جَآءُوكُمْ |  | mereka datang kepadamu |  
| حَصِرَتْ |  | terkepung/merasa berat |  
| صُدُورُهُمْ |  | dada/hati mereka |  
| يُقَٰتِلُوكُمْ |  | mereka membunuh kamu |  
| يُقَٰتِلُوا۟ |  | mereka memerangi |  
| لَسَلَّطَهُمْ |  | tentu memberi kekuasaan kepada mereka |  
| فَلَقَٰتَلُوكُمْ |  | maka pasti mereka memerangi kamu |  
| ٱعْتَزَلُوكُمْ |  | mereka membiarkan kamu |  
| يُقَٰتِلُوكُمْ |  | mereka memerangi kamu |  
| وَأَلْقَوْا۟ |  | dan mereka mengemukakan |  | 
| 
  | 
| illaa alladziina yashiluuna ilaa qawmin baynakum wabaynahum miitsaaqun aw jaauukum hashirat shuduuruhum an yuqaatiluukum aw yuqaatiluu qawmahum walaw syaa-a allaahu lasallathahum 'alaykum falaqaataluukum fa-ini i'tazaluukum falam yuqaatiluukum wa-alqaw ilaykumu alssalama famaa ja'ala allaahu lakum 'alayhim sabiilaan | 
| 90. kecuali orang-orang yang meminta perlindungan kepada sesuatu kaum,  yang antara kamu dan kaum itu telah ada perjanjian (damai) [331] atau  orang-orang yang datang kepada kamu sedang hati mereka merasa keberatan  untuk memerangi kamu dan memerangi kaumnya [332]. Kalau Allah  menghendaki, tentu Dia memberi kekuasaan kepada mereka terhadap kamu,  lalu pastilah mereka memerangimu. tetapi jika mereka membiarkan kamu,  dan tidak memerangi kamu serta mengemukakan perdamaian kepadamu [333]  maka Allah tidak memberi jalan bagimu (untuk menawan dan membunuh)  mereka. 
 [331] Ayat ini menjadi dasar hukum suaka. [332] Tidak memihak dan telah  mengadakan hubungan dengan kaum muslimin. [333] Maksudnya : menyerah.
 | 
|  | 
| 
SEBAB TURUNNYA AYAT:  Ibnu Abu Hatim dan Ibnu Murdawaih mengetengahkan dari Hasan bahwa  Suraqah bin Malik Al-Mudlaji menceritakan kepada mereka, "Tatkala Nabi  saw. telah beroleh kemenangan terhadap lawan-lawannya di perang Badar  dan perang Uhud, serta orang-orang sekeliling telah masuk Islam, saya  dengar berita bahwa beliau hendak mengirim Khalid bin Walid kepada warga  saya suku Mudallaj. Maka saya datangi beliau, lalu kata saya, 'Saya  minta Anda memberikan suatu karunia. Saya dengar kabar bahwa Anda hendak  mengirim pasukan kepada kaum saya, sedangkan saya ingin agar Anda  berdamai dengan mereka. Jika ternyata warga Anda masuk Islam, tentulah  mereka pun akan masuk Islam. Tetapi jika tidak, maka tidaklah baik  apabila warga anda itu menguasai mereka.' Maka Rasulullah saw. pun  mengambil tangan Khalid bin Walid, katanya, 'Pergilah bersamanya dan  turutilah apa yang dikehendakinya.' Khalid pun mengikat perdamaian  dengan mereka dengan syarat mereka tidak menolong musuh-musuh Rasulullah  saw. dan apabila orang-orang Quraisy masuk Islam, maka mereka pun akan  masuk pula bersama mereka. Dan Allah pun menurunkan, 'Kecuali  orang-orang yang meminta perlindungan kepada suatu kaum yang di antaramu  dengan kaum itu telah ada perjanjian damai.' (Q.S. An-Nisa 90). Maka  orang-orang yang meminta perlindungan kepada suatu kaum itu akan terikat  pula dalam perjanjian yang telah mereka perbuat." Ibnu Abu Hatim  mengetengahkan dari Ibnu Abbas, katanya, "Diturunkan ayat, 'Kecuali  orang-orang yang meminta perlindungan kepada suatu kaum yang di antaramu  dengan kaum itu telah ada perjanjian damai' (Q.S. An-Nisa 90) mengenai  Hilal bin Uwaimir Al-Aslami dan Suraqah bin Malik Al-Mudlaji juga  mengenai Bani Judzaimah bin Amir bin Abdi Manaf." Diketengahkan pula  dari Mujahid bahwa ayat itu diturunkan pula pada Hilal bin Uwaimir  Al-Aslami yang di antaranya dengan kaum muslimin ada suatu perjanjian.  Beberapa orang anak buahnya mendata | 
| 
 | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar