Jumat, 19 April 2013

Risalah Khutbah Jum'ah : Khutbah Maulud Nabi

Khutbah Maulud Nabi



إنَّ الحَمْدَ لله، نَحْمَدُه، ونستعينُه، ونستغفرُهُ، ونعوذُ به مِن شُرُورِ أنفُسِنَا، وَمِنْ سيئاتِ أعْمَالِنا، مَنْ يَهْدِه الله فَلا مُضِلَّ لَهُ، ومن يُضْلِلْ، فَلا هَادِي لَهُ.
أَشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وأشهدُ أنَّ مُحَمَّدًا عبْدُه ورَسُولُه
,اللهم صل على سيدنا محمد وعلى أهله أجمعين.

 أيها الحاضرون أوصكم وإيايا بتقوي الله فقال الله تعالى في القران الكريم:
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

Jama’ah Sholat Jum’at Rahimakumullah

Beberapa hari kemarin kita berjumpa dengan hari maulud nabi saw, semoga kita bisa memanfaatkan momen ini untuk senantiasa mencintai Rasul saw dan menjadikanya sebagai idola kita dan keluarga.

Karena Jika kita bertanya kepada sebagian besar orang terutama para anak-anak yang menginjak usia remaja mengenai siapa idola mereka, maka akan keluarlah sederet nama-nama terkenal semisal : David Beckham, Alesandro del Piero, Michael Schumacher, Valentino Rossi, Leonardo Di Caprio. mungkin juga artis sinetron local, atau bintang film, tokoh2 dunia, Hitler, Eisntein, Ada juga yang mengidolakan tokoh2 fiksi atau kartun atau komik, Superman, Batman,Doraemon, Mengidolakan benda2 seperti mobilnya, motornya, binatang piaraannya,dll.

Berbicara tentang Sosok Idola adalah sosok yang menjadi inspirasi kita, yang peri hidupnya sangat kita hayati, yang selalu terngiang2 dalam fikiran dan hati kita, yang selalu kita rindui, yang fotonya senantiasa terpampang di dinding kamar kita, yang gerak geriknya kita tiru,gaya bicara, gaya senyuman, semuanya kita tiru. Buah fikiran dan pendapatnya kita jadikan panduan hidup dan sikap kita.

Hadirin yang dirahmati ALLAH

Kalau demikian sudah barang tentu yang menjadi idola kita,  adalah Rasulullah saw. Ada banyak alasan kenapa kita harus mengidolakan dan mencintai Rasulullah saw diantaranya adalah:

1. Karena Rasul sangat mencintai kita sebagai ummatnya.

Dalam sebuah riwayat diceritakan Saat di padang Mahsyar, di tengah-tengah kerumunan manusia yang sedang kebingungan&ketakutan ada seorang yang sangat dicintai oleh Allah yang tengah bersujud menghadap Allah, berdoa, menangis, memohon, mengharap, bermunajat kepada Allah, hingga terdengar firman Allah memanggil : Wahai Muhammad, angkatlah kepalamu, memintalah, pasti Aku kabulkan...!

Tentu sangat luar biasa tingginya derajat orang yang sangat mulia ini di sisih Allah. Bagaimana tidak, di saat seluruh ummat manusia tidak dapat berbuat apapun selain ketakutan yang sangat, dan kepedihan yang amat, ternyata sang manusia pilihan ini justru diberi kesempatan emas untuk dapat berdialog dengan Allah secara langsung.

Namun gerangan apa yang terlintas dalam benak beliau SAW tatkala dalam dialog itu, diberi kesempatan untuk meminta dan pasti dikabulkan oleh Allah, Dzat yang menciptakan langit bumi seisinya serta Pencipta sorga dan neraka

Apakah beliau meminta untuk secepatnya masuk sorga agar dapat terbebas dari kesengsaraan kehidupan padang Mahsyar ? Atau beliau meminta agar para istri dan anak-anaknya segera diselamatkan dan secepatnya mendapat kenikmatan sorga ?

Bukan….beliau SAW bukanlah figur pemimpin yang semacam itu, beliau SAW tidak pernah mementingkan diri sendiri maupun mementingkan keluarganya semata, namun beliau SAW justru menangis di hadapan Allah azza wa jalla seraya memohon : Ummati... ummati... ummati... (selamatkanlah ummatku).

Kita bertanya pada diri kita masing-masing apakah ada selama ini yang kita idolakan melebihi cintanya daripada Rasulullah saw.

2. Karena di akherat nanti setiap orang akn bersama dengan orang yg dia cintai

Nabi SAW bersabda, “Engkau bersama orang yang kamu cintai (di akhirat kelak)” (HR Bukhari dan Muslim).

Diriwayatkan dari Imam Muslim, Anas bin Malik –radhiyallahu ‘anhu- berkata: “Datang seorang laki-laki pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian bertanya: “Kapan hari kiamat datang?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya:”Apa yang engkau persiapkan untuk hari kiamat?” Dia menjawab,”Cinta Allah dan Rasul-Nya.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,”Engkau akan bersama orang yang engkau cintai.”

Kalau kita setulus hati mencintai beliau para sahabat dan orang-orang yang soleh tentu kita akan dipertemukan kelak dalam kenikmatan akherat.

3. Jasa beliau yang sangat besar

tidak hanya jasa untuk kenikmatan dunia saja tapi wasilah perjuangan beliaulah kita bisa merasakan nikmat iman dan islam ini yg insya Allah kita harapkan membawa kenikmatan dunia dan akherat.

4. Mencintai Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam akan memperoleh kesempurnaan iman

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى أَكُونَ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِنْ وَلَدِهِ وَوَالِدِهِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ

Seseorang tidaklah beriman (dengan sempurna, peny) hingga aku lebih dicintainya dari anak dan orang tuanya serta manusia seluruhnya.”(HR.Muslim)

Kesempurnaan iman ini hanya akan diperoleh dengan mentaati dan tunduk patuh, tanpa ada keraguan sedikitpun.

فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَا يَجِدُوا فِي أَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.” (QS. An Nisa’: 65).

Jama’ah Sholat Jum’at yang dimuliakan Allah

Demikianlah khutbah singkat pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat


وقل رب اغفر وارحم و انت خير الراحمين


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Edy_Hari_Yanto's  album on Photobucket
TPQ NURUDDIN NEWS : Terima kasih kepada donatur yang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk pembangunan TPQ Nuruddin| TKQ-TPQ "NURUDDIN" MENERIMA SANTRI DAN SANTRIWATI BARU | INFORMASI PENDAFTARAN DI KANTOR TPQ "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN-WONOAYU