Minggu, 12 Januari 2014

TAFSIR AL QUR'AN SURAH ATH-THUUR AYAT 41 - 49 ( 03 )

Cari dalam "TAFSIR" Al Qur'an
Bahasa Indonesia    English Translation    Dutch    nuruddin

No. Pindah ke Surat Sebelumnya... Pindah ke Surat Berikut-nya... [TAFSIR] : ATH THUUR
Ayat [49]   First Previous Next Last Balik Ke Atas  Hal:3/3
41 Apakah ada pada sisi mereka pengetahuan tentang yang ghaib lalu mereka menuliskannya?(QS. 52:41)
TKQ-TPQ-MADIN "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN,KEC. WONOAYU

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Ath Thuur 41 

أَمْ عِنْدَهُمُ الْغَيْبُ فَهُمْ يَكْتُبُونَ (41

Selanjutnya dalam ayat ini Allah SWT mengejek mereka apakah mereka mempunyai ilmu gaib yang mereka tulis untuk keperluan manusia?
Kemudian mereka memberitahukannya kepada manusia semau mereka? Tidaklah mungkin mereka mempunyai ilmu gaib karena tidak ada yang mengetahui kegaiban langit dan bumi kecuali Allah SWT.
Kata Qatadah, ini merupakan jawaban terhadap perkataan mereka bahwa mereka menunggu perputaran masa (kematian Muhammad sebelum mereka) Maka Allah menegaskan, apakah ada pada mereka pengetahuan tentang yang gaib sehingga mereka mengetahui bahwa Muhammad saw akan wafat sebelum mereka.


42 Ataukah mereka hendak melakukan tipu daya? Maka orang-orang yang kafir itu merekalah yang kena tipu daya.(QS. 52:42)
TKQ-TPQ-MADIN "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN,KEC. WONOAYU

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Ath Thuur 42 

أَمْ يُرِيدُونَ كَيْدًا فَالَّذِينَ كَفَرُوا هُمُ الْمَكِيدُونَ (42

Kemudian dalam ayat ini Allah SWT mengejek mereka lagi ataukah mereka (orang-orang musyrik) hendak menipu manusia dan Rasul dengan perkataan mereka tentang rasul dan agama? Kalau memang ini yang mereka kehendaki, maka tipu daya mereka akan kembali kepada mereka sendiri.


43 Ataukah mereka mempunyai tuhan selain Allah? Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.(QS. 52:43)
TKQ-TPQ-MADIN "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN,KEC. WONOAYU

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Ath Thuur 43 

أَمْ لَهُمْ إِلَهٌ غَيْرُ اللَّهِ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ (43

Selanjutnya Allah SWT mengejek mereka, apakah mereka mempunyai Tuhan selain Allah yang membantu dan menghindarkan mereka dari siksa Allah SWT? Mahasuci Allah SWT dari apa yang mereka persekutukan dan dari yang mereka sembah selain Dia.
Ini merupakan kecaman keras kepada orang-orang musyrik, terhadap penyembahan mereka kepada berhala sebagai yang dipersekutukan mereka terhadap Nya.


44 Jika mereka melihat sebagian dari langit gugur, mereka akan mengatakan:` Itu adalah awan yang bertindih-tindih `.(QS. 52:44)
TKQ-TPQ-MADIN "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN,KEC. WONOAYU

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Ath Thuur 44 

وَإِنْ يَرَوْا كِسْفًا مِنَ السَّمَاءِ سَاقِطًا يَقُولُوا سَحَابٌ مَرْكُومٌ (44

Dalam ayat ini, Allah SWT menerangkan bahwa orang-orang musyrik itu adalah kaum yang berwatak sombong dan bandel. Walaupun mereka melihat kebenaran tanda-tanda Tuhan dengan memperlihatkan kepada mereka sebagian langit gugur, mereka tetap saja mendustakannya dan berkata bahwa yang mereka lihat itu adalah awan yang bertindih-tindih satu sama lainnya. Sebabnya ialah karena Allah telah menutup hati nurani mereka dan telah membutakan mata mereka. Mereka tetap akan mengingkari apa yang mereka lihat dengan mata kepala mereka, dan apa yang mereka dengar dengan telinga mereka. Dalam ayat yang sama artinya Allah SWT berfirman:


ولو فتحنا عليهم بابا من السماء فظلوا فيه يعرجون لقالوا إنما سكرت أبصارنا بل نحن قوم مسحورون
Artinya:
Dan jika seandainya Kami membukakan kepada mereka salah satu dari (pintu-pintu) langit, lalu mereka terus-menerus naik ke atasnya, tentulah mereka berkata "Sesungguhnya pandangan kamilah yang dikaburkan, bahkan kami adalah orang-orang yang kena sihir.
(Q.S. Al-Hijr: 14, 15)


45 Maka biarkanlah mereka hingga mereka menemui hari (yang dijanjikan kepada) mereka yang pada hari itu mereka dibinasakan,(QS. 52:45)
TKQ-TPQ-MADIN "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN,KEC. WONOAYU

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Ath Thuur 45 

فَذَرْهُمْ حَتَّى يُلَاقُوا يَوْمَهُمُ الَّذِي فِيهِ يُصْعَقُونَ (45

Kemudian Allah SWT memerintahkan kepada Rasul Nya untuk membiarkan mereka dalam keadaan mereka seperti itu, dan tidak mengacuhkan mereka hingga datangnya suatu hari di mana mereka akan dibalas dengan pembalasan kehancuran disebabkan oleh kejahatan mereka yaitu pada hari perang Badar seperti yang dikatakan oleh Biqa'i menurut zahir ayat ini.


46 (yaitu) hari ketika tidak berguna bagi mereka sedikitpun tipu daya mereka dan mereka tidak ditolong.(QS. 52:46)
TKQ-TPQ-MADIN "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN,KEC. WONOAYU

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Ath Thuur 46

يَوْمَ لَا يُغْنِي عَنْهُمْ كَيْدُهُمْ شَيْئًا وَلَا هُمْ يُنْصَرُونَ (46

Dalam ayat ini, selanjutnya Allah SWT menerangkan bahwa pada hari itu tidaklah berguna bagi mereka tipu daya yang telah mereka atur terhadap Muhammad saw untuk membangkitkan api permusuhan kepadanya. Dan mereka tidak pula akan mendapat bantuan atau pertolongan yang dapat menghalangi siksa yang menimpa mereka.


47 Dan sesungguhnya untuk orang-orang yang zalim ada azab selain daripada itu. Tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.(QS. 52:47)
TKQ-TPQ-MADIN "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN,KEC. WONOAYU

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Ath Thuur 47 

وَإِنَّ لِلَّذِينَ ظَلَمُوا عَذَابًا دُونَ ذَلِكَ وَلَكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لَا يَعْلَمُونَ (47

Dalam ayat ini, Allah SWT menerangkan bahwa mereka menganiaya diri mereka dengan kekafiran dan maksiat itu, akan menimpa azab berupa kelaparan selama tujuh tahun sebelum terjadinya perang Badar. Perang Badar terjadi pada tahun kedua hijrah, sedangkan kelaparan itu terjadi sebelumnya.
Namun, kebanyakan mereka tidak mengetahui bahwasanya Allah SWT akan menimpakan azab Nya kepada mereka baik di dunia maupun di akhirat. Dalam ayat yang sama artinya Allah SWT berfirman:


ولنذيقنهم من العذاب الأدنى دون العذاب الأكبر لعلهم يرجعون
Artinya:
Dan sesungguhnya Kami merasakan kepada mereka sebagian azab yang dekat (di dunia) sebelum azab yang lebih besar (di akhirat), mudah-mudahan mereka kembali (ke jalan yang benar).
(Q.S. As Sajdah: 21)


48 Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri,(QS. 52:48)
TKQ-TPQ-MADIN "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN,KEC. WONOAYU

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Ath Thuur 48 

 
وَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ فَإِنَّكَ بِأَعْيُنِنَا وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ حِينَ تَقُومُ (48)

Allah SWT dalam ayat ini memerintahkan kepada Muhammad saw supaya ia bersabar terhadap gangguan kaumnya pada dirinya dan supaya ia tidak lagi menghiraukan mereka, dan tetap menyampaikan perintah Nya dan memberitahukan larangan Nya, dan supaya ia menyampaikan apa-apa yang telah diwahyukan kepadanya sebab Allah SWT selalu melihatnya dan memperhatikan pekerjaannya serta menjaga dan melindunginya dari gangguan-gangguan dan rintangan-rintangan musuhnya.
Selanjutnya Allah SWT memerintahkan kepada Muhammad saw supaya banyak bertasbih yaitu menyucikan Allah SWT dari segala apa yang kurang patut baginya karena Allah SWT telah melimpahkan nikmat Nya kepadanya dan supaya membacakan ayat-ayat Nya dan bertasbih sewaktu bangkit dari duduk.
Ata', Said, Sofyan As Saury, dan Abul Aswas berkata: bahwa Nabi Muhammad saw bertasbih tatkala ia bangkit dari tempat duduknya: "Subhanallah wa bihamdihi" atau Subhanaka Allahumma wa bihamdika" setiap selesai dari suatu majelis.


عن أبي بزوة الأسلمي قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم بآخر عمره اذا قام من المجلس يقول: سبحانك اللهم وبحمدك اشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك فقال رجل: يا رسول الله انك لتقول قولا ما كنت تقول فيما مضى قال: كفارة لما يكون فى المجلس
Artinya:
Dari Abu Bazrah Al Aslami berkata, Rasulullah saw pada akhir hayatnya, apabila ia bangun dari tempat duduknya ia mengucapkan: Subhanaka Allahumma wabihamdika asyhadu an La ilaha illa anta astagfiruka wa atubu ilaika! Lalu berkata seorang lelaki: Wahai rasulullah Engkau mengucapkan suata ucapan yang belum pernah engkau ucapkan sebelumnya. Rasulullah saw bersabda "Ucapan itu penghapus dosa dan kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada pertemuan atau majelis".
(H.R. Abu Daud dan Nasa'i)
Diriwayatkan bahwasanya Jibril telah mengajarkan kepada Nabi Muhammad saw agar mengucapkan ucapan tersebut dibaca ketika bangkit dan duduk dalam suatu majelis yaitu:


سبحانك اللهم وبحمدك اشهد ان لا اله الا انت استغفرك واتوب اليك
Artinya:
"Mahasuci engkau, wahai Allah, dengan segala puji-puji Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, aku mohon pengampunan Mu dan aku bertobat kepada Mu".
(H.R. Al-Hakim)


49 dan bertasbihlah kepada-Nya pada beberapa saat di malam hari dan di waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar).(QS. 52:49)
TKQ-TPQ-MADIN "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN,KEC. WONOAYU

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Ath Thuur 49 

وَمِنَ اللَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَإِدْبَارَ النُّجُومِ (49

Kemudian Allah SWT dalam ayat ini memerintahkan kepada Muhammad saw supaya ia bertasbih kepada Allah SWT dengan salat malam, karena ibadah pada waktu atau saat itu berat melaksanakannya, dan jauh dari ria', dan supaya ia salat tatkala terbenamnya bintang-bintang pada waktu subuh.
Dalam ayat yang sama artinya Allah SWT berfirman:
ومن


اليل فتهجد به نافلة لك عسى أن يبعثك ربك مقاما محمودا
Artinya:
"Dan pada sebagian malam itu salat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji".
(Q.S. Al-Isra': 79)

Tafsir / Indonesia / Jalalain / Surah Ath Thuur 49 

وَمِنَ اللَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَإِدْبَارَ النُّجُومِ (49

(Dan pada beberapa saat di malam hari bertasbih pulalah) pengertian bertasbih di sini adalah tasbih hakiki yaitu membaca, 'Subhaanallaah Wa bihamdihii' (dan di waktu terbenam bintang-bintang) lafal Idbaar adalah bentuk Mashdar, yakni setelah bintang-bintang itu terbenam maka bertasbih pulalah kamu. Atau lakukanlah salat Isya'ain yaitu Magrib dan Isya, pada pengertian yang pertama, dan pada pengertian yang kedua adalah salat fajar; menurut pendapat lain salat Subuh.



Halaman  First Previous Next Last Balik Ke Atas   Total [3]
Ayat 41 s/d 49 dari [49]


Sumber Tafsir dari :

1. Tafsir DEPAG RI, 2. Tafsir Jalalain Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Edy_Hari_Yanto's  album on Photobucket
TPQ NURUDDIN NEWS : Terima kasih kepada donatur yang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk pembangunan TPQ Nuruddin| TKQ-TPQ "NURUDDIN" MENERIMA SANTRI DAN SANTRIWATI BARU | INFORMASI PENDAFTARAN DI KANTOR TPQ "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN-WONOAYU