Selasa, 30 Juli 2013

Etika Masuk Masjid



Diantara kita, sudah seringkali masuk masjid untuk melakukan berbagai macam ibadah dari mulai ibadah salat, i’tikaf, membaca Alquran atau mengkaji ilmu agama. Namun ketika masuk masih ada yang merasa kosong dari unsur rohaniah yang bisa dirasakan tatkala masuk masjid. Untuk kiranya perlu memperhatikan etika masuk masjid  diantaranya:
- Berjalan dan pergi ke masjid dengan perasaan rindu disertai dengan ketenangan. Barang siapa yang memiliki kerinduan yang sangat  pada masjid, niscaya termasuk salah satu dari tujuh golongan yang  mendapatkan naungan dari Allah SWT.
- Mendahulukan kaki kanan ketika akan masuk masjid.
- Mengucapkan doa masuk masjid. “Allahummaftahlii Abwaba rohmatika” (Ya Allah bukalah untukku pintu-pintu Rahmat-Mu)
- Melakukan salat sunnah Tahiyatul Masjid. Apabila masuk dalam kondisi tidak berwudhu dan tidak bisa langsung salah Tahiyatul Masjid, masih disunnahkan membaca dzikir; “Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaaha illaallahu wallahu Akbar”
- Mengucap salam kepada orang yang ada di dalam masjid. Sekalipun masjidnya sepi, masih disunnahkan mengucap salam. Karena sesungguhnya tidak akan sepi dari jin dan malaikat.
- Duduk dengan niat I’tikaf, dan mendekatkan diri pada Allah.
- Memperbanyak dzikir.
- Menahan jiwa dari berbagai macam gejolak syahwat.
- Menjauhi pertengkaran.
- Tidak mengangkat suara tatkala ada seorang yang sedang salat.
- Tidak berjalan didepan orang yang sedang salat, hukumnya haram.
- Tidak berpanjang lebar dalam membicarakan masalah dunia.
- Ikut menjaga kebersihan masjid.
- Ikut memakmurkan masjid dalam segal bentuk.
- Mendahulukan kaki kiri ketika keluar, dengan meletakkan kaki diatas sandalnya. (Maksudnya hanya sebatas menaruh kaki kiri diatas sandal, dan tidak memasukkannya) Kemudian memakai sandal pada kaki kanan terlebih dahulu.
- Berdoa tatkala keluar dari masjid: “Allahumma inni As aluka minfadlika” (Ya Allah, sesunggunya aku minta kepada-Mu akan karunia-Mu)

*********
(Ust. Drs. Atok’illah  Wijayanto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Edy_Hari_Yanto's  album on Photobucket
TPQ NURUDDIN NEWS : Terima kasih kepada donatur yang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk pembangunan TPQ Nuruddin| TKQ-TPQ "NURUDDIN" MENERIMA SANTRI DAN SANTRIWATI BARU | INFORMASI PENDAFTARAN DI KANTOR TPQ "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN-WONOAYU