Sabtu, 01 Juni 2013

Pengertian Ilmu Tajwid


ILMU TAJWID (BAGIAN 1)


بسم الله الرحمن الرحيم   

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته




Adik-adik belajar membaca Al Quran adalah sangat mudah, asalkan kita mau dengan sungguh-sungguh mempelajarinya. Adapun yant perlu diketahui diketahui untuk mempermudah kita belajar membaca Al Qur'an yaitu Tajwid. Sebelum kita mulai belajar membaca Al Qur'an terlebih dulu adik-adik alangkah baiknya mengetahui tentang apa itu ilmu tajwid. Atau sambil belajar adik-adik bisa mempelajari tajwid langsung dengan paktek membaca Al Qur'an tentunya dengan bimbingan Ustadz dan Ustadzah adik-adik biar semakin benar bacaannya.

Pengertian Tajwid

Tajwid menurut bahasa berasal dari kata جوّد-يجوّد-تجويدا yang berarti bagus atau membaguskan. Dalam ilmu Qiraah, tajwid berarti mengeluarkan huruf dari tempatnya dengan memberikan sifat-sifat yang dimilikinya. Jadi ilmu tajwid adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara membunyikan atau mengucapkan huruf-huruf yang terdapat dalam kitab suci al-Qur’an maupun bukan.
Adapun masalah-masalah yang dikemukakan dalam ilmu ini adalah makharijul huruf (tempat keluar-masuk huruf), shifatul huruf (cara pengucapan huruf), ahkamul huruf (hubungan antar huruf), ahkamul maddi wal qasr (panjang dan pendek ucapan), ahkamul waqaf wal ibtida’ (memulai dan menghentikan bacaan) dan al-Khat al-Utsmani.
Inilah yang dimaksud dengan membaca al-Qur’an dengan tartil sebagaimana firman-Nya :
 و رتل القران ترتيلا (المزمّل : 4) yang artinya : “Bacalah al-Qur’an itu dengan tartil”. Sedangkan arti tartil menurut Ibn Katsir adalah membaca dengan perlahan-lahan dan hati-hati karena hal itu akan membantu pemahaman serta perenungan terhadap al-Qur’an.
Ilmu Tajwid bertujuan untuk memberikan tuntunan bagaimana cara pengucapan ayat yang tepat, sehingga lafal dan maknanya terpelihara. Pengetahuan tentang makhraj huruf memberikan tuntunan bagaimana cara mengeluarkan huruf dari mulut dengan benar. Pengetahuan tentang sifat huruf berguna dalam pengucapan huruf. Dalam ahkamul maddi wal qashr berguna untuk mengetahui huruf yang harus dibaca panjang dan berapa harakat panjang bacaannya. Ahkamul waqaf wal ibtida’ ialah cara untuk mengetahui dimana harus berhenti dan dari mana dimulai apabila bacaan akan dilanjutkan.


A. Cara belajar mudah dalam membaca Al-Qur'an

adalah dengan cara mempelajari Tajwid, karena huruf dalam Al-Qur'an bentuknya tidak sama dengan huruf abjad lainnya. Mungkin bagi kita masih banyak yang sulit dalam membaca huruf Arab. Untuk itu kita harus tahu terlebih dahulu huruf-huruf dalam Al-Qur'an. ini adalah daftar huruf-huruf yang ada pada Al-Qur'an :

ا dibaca ALIF
ب dibaca BA'
ت dibaca TA'
ثdibaca TSA'
ج dibaca JIEM
ح dibaca KHA'
خ dibaca KHO'
د dibaca DAL
ذ dibaca DZAL
ر dibaca RO'
ز dibaca ZA'
س dibaca SIN
ش dibaca SYIEN
ص dibaca SHOT
ض dibaca DHOT
ط dibaca THO'
ظ dibaca DHO'
ع dibaca 'AIN
غ dibaca GHOIN
ف dibaca FA'
ق dibaca QOF
ك dibaca KAF
ل dibaca LAM
م dibaca MIM
ن dibaca NUN
و dibaca WAWU
ه dibaca HA'
ي YA'

Ini adalah huruf-huruf dalam Al-Qur'an, biasa disebut juga dengan HURUF HIJAIYAH.
Sebelum kita membaca tulisan Arab, maka kita harus tau dulu HURUF HIJAIYAH itu.

B. Ilmu Tajwid

Ilmu tajwid adalah ilmu yang mempelajari tentang cara membaca Al-Qur'an / ejaan baca dalam berbahasa arab. lebih jauhnya klik disini.
Berkenaan dengan itu diuraikan dengan bentuk fasal/bab dengan tujuan mempermudah pemahamannya.

Adapun Bab belajar tajwid ada 7 :

1. Bab belajar tajwid
2. Bab Nun mati dan Tanwin
3. Bab Mim Mati
4. Bab Idgom
5. Bab Mad
6. Bab Waqof
7. Bab lainnya

Faidah Belajar Tajwid

صون اللسان عن اللحن في ألفاظ القرآن الكريم عند الأداء

Meriksa suara lisan dari cadel/gagaf dalam membaca Al-Quran ketika pilara/sakit/serak. dengan belajar tajwid ini agar kita tidak berupaya ile-ilean/canda serta main-main dalam membaca Al-Qur'anul Kariim,

Dikecualikan jika memang orang yang sudah tentu cadelnya/gagapnya.


Hukum Belajar Tajwid


حكم تعلمه :

فرض كفاية والعمل به فرض عين

"Hukum belajar Fardu kifayah/Satu keparduan jika dilakukan yang satu maka gugur yang lainnya, tetapi jika mau membaca Al-Qur'an memakai tajwid hukumnya Fardu Ain".







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Edy_Hari_Yanto's  album on Photobucket
TPQ NURUDDIN NEWS : Terima kasih kepada donatur yang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk pembangunan TPQ Nuruddin| TKQ-TPQ "NURUDDIN" MENERIMA SANTRI DAN SANTRIWATI BARU | INFORMASI PENDAFTARAN DI KANTOR TPQ "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN-WONOAYU