Sabtu, 27 Juli 2013

Menentukan Arah Kiblat dengan Peta Google

Menentukan Arah Kiblat dengan Peta Google

Salah satu proyek yang terlupakan dari situs Alhabib adalah: Qibla Pointer (Penunjuk Arah Kiblat). Situs ini memanfaatkan fasilitas Google Map (Peta Google) untuk menentukan arah kiblat dari semua lokasi di bumi tanpa perlu bantuan kompas (yang lebih tidak akurat). Saya baru saja mengunjungi dan memperbarui situs ini dengan menambahkan skrip untuk mendeteksi secara otomatis asal atau lokasi pengunjung. Sekarang, jika anda mengunjungi halaman Penunjuk Arah Kiblat ini, peta yang tertampilkan pertama kali adalah peta lokasi di mana anda berada. Atau mungkin lebih tepatnya, lokasi dari komputer anda sebagaimana dicerminkan dari nomor IP.
Boleh jadi, nomor IP komputer anda tidak dikenali oleh situs tersebut. Dalam hal ini tampilan yang muncul adalah peta wilayah Ka’bah di Mekah. Boleh jadi juga tampilan peta tidak menunjukkan kota anda tetapi kota lain yang berdekatan. Hal ini disebabkan pendeteksian ini berdasarkan database lokasi geografis dan nomor IP yang belum 100% meliputi semua komputer dan tempat di seluruh dunia.
Dengan tambahan kecil ini, saya harap mengecek dan menentukan arah kiblat menjadi lebih mudah dan interaktif.

 Catatan : Artikel ini semata hanya untuk membatu penyebarluasan pengetahuan tidak ada maksud 
                           lain, terima kasih


___________________________
sumber : Blog Al Habib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Edy_Hari_Yanto's  album on Photobucket
TPQ NURUDDIN NEWS : Terima kasih kepada donatur yang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk pembangunan TPQ Nuruddin| TKQ-TPQ "NURUDDIN" MENERIMA SANTRI DAN SANTRIWATI BARU | INFORMASI PENDAFTARAN DI KANTOR TPQ "NURUDDIN" KEMALANGAN-PLAOSAN-WONOAYU